Iklan

terkini

Memastikan Penggunaan Dana Desa Tahap I, Tim Kecamatan Singkohor, Aceh Singkil Lakukan Monev

Redaksi
Sabtu, Mei 20, 2023, 12:50 WIB Last Updated 2023-05-20T05:50:14Z
Tim Kecamatan Singkohor lakukan Monev ke Kampung Lae Pinang, Aceh Singkil (Foto/ Khairi)

Aceh Singkil - Monitoring dan Evaluasi (Monev) oleh tim Kecamatan Singkohor, Aceh Singkil, dilakukan untuk memastikan penggunaan dana desa tahap I di seluruh Kampung se Kecamatan Singkohor, Aceh Singkil. 

Informasi ini disampaikan Fathurrahman, S.IP., M.Si, Camat Singkohor, Aceh Singkil pada media ini Jumat, (19/05/2023) kemarin.

"Tim Kecamatan Singkohor, melakukan monev ke seluruh kampung se Kecamatan Singkohor, yang kita monev diantaranya, Kampung Singkohor, Kampung Mukti Jaya, Kampung Lae Pinang, Kampung Srikayu, Kampung Lae Sipola Dan Kampung Pea Jambu," jelasnya.

"Realisasi penggunaan dana desa pada tahap pertama dan kebetulan sudah kita agendakan jadwalnya mulai Selasa, 16 Meri 2023, sampai dengan Jumat, 19 Mei 2023 hari ini terakhir," tuturnya.

Menurutnya realisasi penggunaan Dana Kampung, baik itu APBN, APBK maupun BHP (Bagi Hasil Pajak), merupakan salah satu tugas camat, yang tertuang pada Peraturan Pemerintah, Nomor 17 Tahun 2018, tentang kecamatan adalah membina dan mengawasi penyelenggaraan pemerintah desa. 

Jadi sebut Fathurrahman, dalam hal ini fokus tim adalah mengawasi pelaksanaan capaian realisasi penggunaan Dana Tahap I, pada masing-masing pemerintah kampung dan memastikan pemanfaatannya, tepat sasaran sesuai dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBKamp) yang telah disepakati Keuchik bersama BPKamp.

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk memetakan kendala-kendala yang dihadapi pemerintah kampung dalam penyelenggaraan pemerintahan kampung, sehingga dapat diberikan solusi yang tentunya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ungkapnya.

"Selain itu tim juga mendorong pemerintah kampung agar dengan segera melakukan pengajuan dana tahap II yang bersumber dari APBN, dengan memenuhi segala persyaratannya," jelas Fathurrahman.

Lalu di elaskan Camat Singkohor, selain Tim Monev Kecamatan, kegiatan ini juga dihadiri oleh Pendamping Lokal Desa (PLD) dan Pendamping Desa (PD) yang merupakan Tenaga Pendamping Profesional yang bertugas mendampingi pemerintah kampung, dalam pengelolaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat kampung. 

Terakhir, tambah Fathurrahman, monev merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh Kecamatan Singkohor, setiap tahunnya. 

"Setelah  monev dilaksanakan, kita juga akan melaksanakan Rapat Koordinasi Pemerintah Kampung di tingkat kecamatan dengan menghadirkan Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa (TAPMD) untuk memberikan penjelasan terkait aturan-aturan terkait  penyelenggaraan pemerintahan kampung," tutupnya. [Khairi]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Memastikan Penggunaan Dana Desa Tahap I, Tim Kecamatan Singkohor, Aceh Singkil Lakukan Monev

Terkini

Topik Populer

Iklan