Iklan

terkini

Laznas Dewan Dakwah Salurkan Bantuan untuk Masyarakat Terdampak Banjir Luapan Sungai Tripa

Redaksi
Minggu, Mei 21, 2023, 19:07 WIB Last Updated 2023-05-21T12:07:10Z
Laznas Dewan Dakwah saat kegiatan penyaluran bantuan untuk masyarakat terdampak banjir luapan Sungai Tripa (Foto/Ist)

Nagan Raya – Lembaga  Amil Zakat Nasional (Laznas) Dewan Dakwah Pusat bersama Dewan Dakwahi Aceh dan Dewan Dakwah Kabupaten Nagan Raya menyalurkan  bantuan 750 paket sembako untuk masyarakat terdampak banjir luapan Sungai Tripa di desa-desa terdampak di Kecamatan Tripa Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Aceh, pada Sabtu-Minggu (20-21/05/2023).

Sebanyak 750 paket sembako berisi beras, minyak goreng, tepung, gula, susu kental manis, teh, hingga mie instan didistribusikan untuk warga di desa-desa terdampak di Kecamatan Tripa Makmur, seperti desa Gampong Ujung Krueng hingga Gampong Drien Tujoh. Aksi ini pun mendapat apresiasi, baik dari pemerintah desa maupun kabupaten.

“Terkait banjir ini, atas nama pemerintah, terima kasih banyak atas perhatian dan bantuannya dari donatur Laznas Dewan Dakwah. Pastinya ini bisa meringankan beban mereka hingga pulih,” kata Alfiandi, Sekdis BPPD, Kabupaten Nagan Raya.

“Terima kasih banyak atas bantuan yang luar biasa ini. Kami benar-benar senang masyarakat kami hampir semua mendapat komposisi bantuan banyak. Baru kali ini banyak quantity dan isinya,” kata Tengku Dahlan, Kepala Desa Yee PK.

Menurut Tengku Dahlan, banjir sudah ada sejak tahun 1990-an, bahkan ketinggiannya pernah mencapai 1,5 meter dan menggenang lebih dari satu pekan. Namun seiring waktu, banyak perbaikan irigasi dan sanitasi yang dilakukan dengan membuat parit-parit yang dialirkan ke laut, sehingga banjir mulai mereda. Dua-tiga hari air jadi bisa surut.

Meski demikian, akibat intensitas hujan yang lama pada Bulan Mei 2023 ini, Sungai Tripa meluap dan mengakibatkan banjir kembali terjadi di 24 Desa di Kabupaten Nagan Raya. Sebagian warga mengungsi dan sebagian tetap tinggal di rumah bila rumah mereka panggung.

Oleh karena itu, Laznas Dewan Dakwah merespon kejadian banjir ini dengan memberikan bantuan 750 paket sembako kepada warga terdampak. Masyarakat antusias dan begitu senang dengan kehadiran tim Laznas Dewan Dakwah.

“Alhamdulillah, masyarakat menyambut dengan antusias bantuan ini. Kondisi topografi kabupaten dekat dengan sungai dan ini menjadi langganan (banjir) 1-2 kali setiap tahunnya. Harapan pemerintah kabupaten dan Dewan Dakwah berkolaborasi untuk pembinaan dari segi sosial maupun ruhiyahnya,” kata Alfiandi.

“Ini merupakan bantuan dengan jumlah terbanyak dari yang sudah-sudah untuk masyarakat Nagan Raya dan sangat mendukung kegiatan pembinaan dakwah di Nagan Raya ini,” kata Ustadz Muhammad AR, Ketua Dewan Da’wah Aceh dan Ustadz Samsul Bahri, Ketua Dewan Da’wah Kabupaten Nagan Raya. [Sayed M. Husen]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Laznas Dewan Dakwah Salurkan Bantuan untuk Masyarakat Terdampak Banjir Luapan Sungai Tripa

Terkini

Topik Populer

Iklan