Iklan

terkini

Semarak Bogor Ngaos Qur'an

Redaksi
Minggu, April 09, 2023, 19:33 WIB Last Updated 2023-04-09T12:33:04Z
Ribuan umat Islam yang didominasi kaum perempuan dari berbagai majelis taklim sejak pagi hari mengikuti kegiatan "Bogor Ngaos Qur'an" dan tabligh akbar di halaman Alun alun Kota Bogor (Foto/Ist)

Bogor - Ribuan umat Islam yang didominasi kaum perempuan dari berbagai majelis taklim sejak pagi hari mengikuti kegiatan "Bogor Ngaos Qur'an" dan tabligh akbar di halaman Alun alun Kota Bogor, Jl Kapten Muslihat, Kota Bogor, Minggu, (09/04/2023).

Kegiatan ini merupakan upaya memakmurkan bulan Ramadan dengan membaca dan mengkhatamkan Al-Qur’an secara bersama-sama. Setiap majelis taklim membaca satu juz Al-Qur’an dan semua majelis digabungkan bisa membaca secara keseluruhan 30 juz Al-Qur’an.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bogor, KH TB Muhyiddin, yang hadir dalam acara itu menyambut baik dan menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara tersebut.

"MUI Kota Bogor mendukung acara ini dan mudah mudahan melalui kegiatan ini syiar Islam bisa semakin luas," ujar Kiai Muhyiddin.  

Ia berharap, kegiatan semacam ini bisa dilakukan secara rutin dan semakin besar ke depannya. 

"Apalagi dilakukan di bulan Ramadhan yang tentunya banyak keutamaan yang bisa didapat," ungkapnya.

Senada dengan itu, ulama kharismatik asal Bogor, Prof. Dr. KH Didin Hafidhuddin, menyampaikan apresiasi dan rasa syukurnya bisa hadir di acara tersebut.

"Kita bersyukur pada 18 Ramadan ini umat Islam di Bogor mendapatkan kenikmatan yang luar biasa, duduk bersimpuh di tempat yang indah bersama-sama mengkhatamkan Al-Qur'an. Mudah-mudahan Allah merahmati kita semua dengan Al-Qur'an," tuturnya.

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI Pusat itu berharap, akan lahir generasi para pecinta Al-Qur'an.  

"Itu yang akan diharapkan, para pecinta Al-Qur'an akan melahirkan kebaikan dan keberkahan. Mereka adalah generasi pembangun peradaban Islam," jelas Kiai Didin.

Ketua Panitia Bogor Ngaos Qur'an Ustaz Wilyudin Dhani bersyukur acara bisa dilaksanakan di Alun-alun Kota Bogor.

"Alun-alun Kota Bogor adalah salah satu pusat keramaian di Kota Bogor. Kita buat acara di tempat ini dengan maksud agar diikuti oleh banyak pihak dan menjadi syiar Islam yang luas," jelasnya.

Menurutnya, kegiatan ini dipersiapkan panitia secara bersama‐sama dengan melibatkan banyak pihak, dengan maksud untuk mengeratkan ikatan ukhuwah islamiah.

Panitia kegiatan itu sendiri terdiri perwakilan dari berbagai majelis taklim dan pengurus Majelis Ukhuwah Bogor Raya. Acara ini didukung juga oleh Pemerintah Kota Bogor dan instansi terkait.

Acara tersebut juga memunculkan slogan "Bogor Dayeuh (kota) Ulama". Terkait hal itu, Ustaz Dhani menjelaskan, bahwa sejarah Bogor itu tak bisa lepas dari peran dan perjuangan para ulama, dalam membangun Bogor dan masyarakatnya. 

"Tak terhitung ulama yang lahir dan berkontribusi di Bogor, sehingga munculah slogan Bogor Dayeuh Ulama.  Semangat dan jati diri warga Bogor ini harus terus diingatkan dan diwujudkan dalam berbagai aksi nyata, dan tentunya membutuhkan dukungan dan keterlibatan dari berbagai stakeholder yang ada di Bogor," ungkapnya.

Bogor Ngaos Qur'an dan Tabligh akbar ini dihadiri ulama dan tokoh, selain KH TB Muhyiddin dan KH Didin Hafidhuddin hadir pula KH Badruddin Subhki, KH Chaerul Saleh, Ustaz Dody Hikmawan, Ustaz Abdul Khalim, Ustaz Iyus Khaerunnas, Ustaz Sam Sam Nur Hidayat dan lainnya. [Sayed M. Husen]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Semarak Bogor Ngaos Qur'an

Terkini

Iklan