Iklan

terkini

Rektor USK Minta Masyarakat Lampanah Awasi Pendidikan Anak

Redaksi
Selasa, April 18, 2023, 00:27 WIB Last Updated 2023-04-17T17:27:56Z
Rektor Universitas Syiah Kuala (USK) Prof. Dr. Ir  Marwan  melakukan saweu gampong atau safari Ramadan ke Masjid Asy-Syuhada Lampanah, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar, pada Minggu malam, (16/04/2023). (Foto/Ist)

Aceh Besar -- Rektor Universitas Syiah Kuala (USK) Prof. Dr. Ir. Marwan  melakukan saweu gampong atau safari Ramadhan ke Masjid Asy-Syuhada Lampanah, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar, Minggu malam, (16/04/2023).

Kehadiran Prof. Marwan disambut Ketua Badan Kemakmuran (BKM) Asy-Syuhada Sayed Muhammad Husen, Wakil Imam Masjid Tgk. Mukam Zahri, S.Ag, Ketua Remaja Masjid Al Musahhari dan tokoh masyarakat Indrapuri H. Khalid Wardana, S.Ag., M.Si, Tgk. Hasballah, S.Ag, Drs. M. Yusuf, Mahya Zakuan, S.Ag, Hanifullah, S.Pdi, Muhammad Rizki, M.Ag, para keuchik,  serta ratusan jamaah.

Dalam kesempatan tersebut, Prof Marwan mengisi tausiah menjelang shalat tarawih dengan intisari pembahasan tentang Ramadhan sebagai bulan pendidikan (tarbiyah). Di bulan yang mulia ini dilatih tentang sikap, prilaku, dan ketaatan, sehingga mampu menggapai nilai ketakwaan.

Prof Marwan juga menekankan pentingnya pendidikan generasi bangsa dan problematika yang dihadapi saat ini, seperti pengaruh narkoba dan anak putus sekolah, bahkan ada mahasiswa ketika diamanahkan uang oleh orang tua untuk biaya pendidikan namun tidak dibayarnya. 

“Ada yang salah gunakan kiriman uang dari orang tua, setelah dua atau tiga semester baru diketahui dari orang tuanya, bahwa mahasiswa itu belum bayar SPP. Untuk itu, para orang tua harus lebih maksimal mengawasi dan membimbing putra putrinya,” harapnya.

Menurut Marwan, pendidikan merupakan tanggung jawab bersama, terutama orang tua dan lingkungan.  Di zaman media online dan digital,  pendidikan apabila diarahkan dan dikontrol, maka anak akan menjadi positif, namun bila tidak diawasi oleh orang tua akan terjerumus kepada hal negatif. 

Sementara itu, menurut Wakil Imam Masjid Asy-Syuhada Lampanah Tgk Mukam Zahri, selama bulan suci Ramadhan rutin diisi tausiah menjelang shalat tarawih dengan mengundang penceramah dari berbagai profesi, termasuk Prof Marwan. Pada bulan Ramadhan juga digelar Musabaqah Tilawatil Quran yang diikuti oleh peserta dari lima  gampong se kemasjidan Lampanah. 

“Untuk meningkatkan amal ibadah dan menggapai malam lailatul qadar, BKM Asy-Syuhada Lampanah melaksanakan qiyamul lail pada malam sepuluh terakhir Ramadhan. Kegiatan ini berlangsung sejak empat tahun lalu,” pungkas Tgk Mukam, yang juga penyuluh Kemenag Aceh Besar. [Sayed M. Husen]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Rektor USK Minta Masyarakat Lampanah Awasi Pendidikan Anak

Terkini

Topik Populer

Iklan