Iklan

terkini

Pj. Walikota Lhokseumawe Terima Penghargaan UHC Awards 2023 dari Wapres RI

Redaksi
Rabu, Maret 15, 2023, 11:23 WIB Last Updated 2023-03-15T04:23:36Z
Pj. Walikota Lhokseumawe Dr. Drs. Imran, M.Si, MA.Cd menerima Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) (Foto/Ist)

Jakarta – Pj. Walikota Lhokseumawe Dr. Drs. Imran, M.Si, MA.Cd menerima Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) yang diserahkan oleh  Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa Siang (14/03/2023).

Penghargaan UHC dari BPJS ini diberikan kepada pemerintah daerah yang telah berhasil mendorong 95 persen penduduk menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional. 

Untuk Kota Lhokseumawe sendiri sesuai dengan data di atas, cakupan  jaminan kesehatan masyarakat berhasil mencapai 100 persen.

Di sela-sela penghargaan, Imran menyampaikan bahwa terhitung sejak berdirinya BPJS Kesehatan di tahun 2014, Pemerintah Kota Lhokseumawe melalui Pemerintah Provinsi Aceh telah sukses mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage. Saat ini sebanyak 192.953 jiwa penduduk Kota Lhokseumawe telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). 

Imran juga menambahkan bahwa dari total masyarakat terdaftar, tercatat sebanyak 47.467 jiwa telah terdaftar sebagai peserta pada segmen Pekerja Bukan Penerima Upah Bukan Pekerja (PBPU BP) Pemerintah Aceh atau biasa disebut Jaminan Kesehatan Aceh (JKA), 89.799 jiwa terdaftar sebagai Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI APBN), 46.597 jiwa terdaftar sebagai Pekerja Penerima Upah, 4.486 jiwa terdaftar sebagai peserta mandiri (PBPU), dan sebanyak 4.604 jiwa terdaftar sebagai peserta pada segmen Bukan Pekerja.

”Hal ini merupakan wujud nyata dukungan penuh Pemerintah Kota Lhokseumawe untuk memberikan payung perlindungan bagi masyarakat untuk mengakses layanan kesehatan yang komprehensif di fasilitas kesehatan” Ujarnya.

Atas penghargaan ini, Imran  mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian UHC di Kota Lhokseumawe. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe yang telah sama-sama bekerja keras agar masyarakat Kota Lhokseumawe bisa terjamin ke dalam Program JKN.  

“Dengan capaian UHC di Kota Lhokseumawe ini maka diharapkan untuk fasilitas kesehatan juga harus kian optimal dalam melayani masyarakat. Ke depan kami akan terus memastikan seluruh penduduk Kota Lhokseumawe tetap terjamin akses layanan kesehatannya melalui Program JKN-KIS,” tutup Imran. [Iswandy]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pj. Walikota Lhokseumawe Terima Penghargaan UHC Awards 2023 dari Wapres RI

Terkini

Topik Populer

Iklan