Iklan

terkini

Pemerintah Kampung Danau Bungara, Aceh Singkil Gelar Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW

Redaksi
Senin, Maret 06, 2023, 18:02 WIB Last Updated 2023-03-06T12:29:20Z
Peringatan Isra Mi'raj di Desa Danau Bungara, Kecamatan Kota Baharu, Aceh Singkil. Ustadz Azwar Ramnur sedang memberikan piala kepada peserta lomba (Foto/Khairi)

Aceh Singkil - Peringatan Isra Mi'raj Nabi Besar Muhammad, SAW bertepatan1444 hijriah, merupakan sebuah agenda rutin yang dilaksanakan oleh umat muslim sedunia, hal yang sama dilaksanakan oleh masyarakat Desa Danau Bungara, Kecamatan Kota Baharu, Aceh Singkil. Minggu malam, (05/03/2023).

Kegiatan keagamaan tersebut dilaksanakan di Masjid Al-Huda Kampung Danau Bungara, dalam kegiatan peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW tersebut, masyarakat cukup antusias hadir.

Dalam sambutannya, Kades Danau Bungara Ali Mada, mengatakan, peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW kali ini, pihaknya juga mengadakan bermacam lomba untuk anak-anak.

"Kita juga mengadakan perlombaan anak - anak tingkat TPA dan malam ini penyerahan piala dan sekalian penutupan TPA Darul Muttaqin kampung Danau Bungara," tutur Ali Mada.

"Setelah penyerahan piala perlombaan anak - anak TPA, dilanjutkan ceramah agama yang di sampaikan oleh Ustadz Azwar Ramnur, MA yang kita datangkan dari Kecamatan Simpang Kanan, Aceh Singkil. Ceramah agama tersebut, mengulas peristiwa penting Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW. Kita harapkan keseriusan semua untuk mendengarkan dan menghayati, sehingga bisa kita aplikasikan kehidupan sehari-hari," jelas Mada.

Dalam kesempatan itu, Mada juga mengucapkan terimakasih kepada segenap panitia dan masyarakat Desa Danau Bungara yang ikut berpartisipasi untuk menyukseskan kegiatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW. 

"Terimakasih buat semua pihak, semoga langkah dan niat baik kita, menjadi catatan nilai ibadah, sebagai bukti kecintaan kita kepada Rasulullah SAW," tutupnya.

Selanjutnya dalam sambutannya, panitia kegiatan Hamzah Sarbaini mengatakan, semoga dengan peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW kali ini di Desa Danau Bungara, dapat diambil hikmahnya.

"Mudah - mudahan kita dapat mengambil hikmahnya, bukan hanya sekedar seremonial, tapi harus ada peningkatan di kehidupan kita sehari - hari dan yang akan datang, karena Isra Mi'raj perjalanan Nabi Muhammad SAW merupakan sebuah peristiwa yang luar biasa untuk menambah peningkatan iman islam dan tauhid kita," papar Hamzah Sarbaini.

"Di kesempatan ini juga, saya sampaikan bahwa Kecamatan Kota Baharu, akan mengadakan Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) atau MTQ tingkat Kecamatan Kota Baharu, jadi kegiatan ini adalah kegiatan kecamatan, jadi seluruh Kampung di Kecamatan Kota Baharu mengikuti, mereka akan hadir di kampung kita, tentu mari sama - sama kita kawal dan dukung untuk suksesnya acara kecamatan kita," sebutnya Hamzah Sarbaini.

Hamzah Sarbaini melanjutkan, kerena acaranya Desa Danau Bungara yang menjadi tuan rumah, lalu melaksanakan pawai, "mari saling menjaga  kebersihan dan menjaga keramahan tamahan kita untuk penyambutan tamu," imbuhnya.

Dalam ceramahnya, Ustadz Azwar Ramnur, menyampaikan bahwa Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW, merupakan peristiwa yang sangat penting dan sampai sekarang diperingati oleh ummat Islam, sebagai rasa kecintaan kepada Rasulullah SAW.

Lalu, ia mengingatkan untuk mencintai kegiatan yang baik-baik dan mempunyai nilai - nilai ibadah. Tambahnya, cukup banyak hikmah dan pelajaran bagi ummat Islam pada Isra Mi'raj, termasuk perintah yang wajib dan Sunah Nabi Muhammad SAW, 

"Tentu ketika kita ulas ada perubahan keimanan kita kepada  Rasulullah SAW yang dapat kita jalankan di kehidupan masa sekarang," ingatnya 

"Kisah perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam Isra Mi'raj yaitu, hikmah pertama perbanyak sedekah, perbaiki iman tentu dengan menuntut ilmu untuk bisa menjalankan ibadah dengan benar, lalu perkuat tauhid. Insya Allah, dengan tauhid kita kuat dan lalu mengingat kematian tentu berat akan melakukan kesalahan," pungkasnya. [Khairi]

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemerintah Kampung Danau Bungara, Aceh Singkil Gelar Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW

Terkini

Topik Populer

Iklan