Iklan

terkini

PNL dan Polmed Gelar Sosialisasi Program IISMA 2023

Redaksi
Senin, Februari 06, 2023, 21:27 WIB Last Updated 2023-02-06T14:27:25Z
Kegiatan sosialisasi Indonesia International Student Mobility Award (IISMA) tahun 2023 secara daring (Foto/Ist)

Lhokseumawe - Terkait dengan pendaftaran Indonesia International Student Mobility Award (IISMA) tahun 2023 yang akan segera dibuka, Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) dan Politeknik Negeri Medan (Polimed) menyelenggarakan sosialisasi bersama dalam rangka kerja sama program IISMA untuk wilayah Aceh dan Sumatra Utara pada Senin, (06/02/2023) pukul 14.00 WIB melalui virtual Zoom Meeting.

Ketua Program IISMA 2023 Dr. Rachmat A. Sriwijaya, S.T., M.T., D.Eng, dalam sambutannya menyampaikan pada mahasiswa untuk semangat dalam meraih prestasi akademik maupun non akademik dengan mengikuti berbagai kegiatan seperti IISMA.

Selanjutnya, Direktur Polmed, Abdul Rahman, S.E., Ak., M.Si, dalam sambutan sekaligus pembukaan acara sosialisasi mengatakan sangat mendukung sosialisasi IISMA 2023 dan berharap mahasiswa dapat mempersiapkan diri dengan baik dan mengambil hal-hal positif untuk diberikan ke bangsa. 

“Semoga dengan mengikuti program IISMA, mahasiswa dapat mengenal budaya lain, memperluas relasi dan menambah pengalaman sebelum masuk ke dalam dunia industri,” ungkap Abdul Rahman.

Manager mobilitas, akademik, dan penjamin mutu IISMA 2023, Dewi Comala Sari, S.E., M.Si., menjadi narasumber dalam sosialisasi ini. Dewi Comala Sari mengungkapkan terdapat beberapa kiat sukses dalam mengikuti program IISMA jalur vokasi yaitu mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan, mengenal kampus luar negeri dan program industrinya, "mempersiapkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan, aktif dalam organisasi, dan memiliki rencana kontribusi kepada perguruan tinggi asal dan Indonesia," kata Dewi Comala.

"IISMA jalur vokasi akan difokuskan kedalam industrial partner exposure yaitu menjalin kerja sama dengan kampus luar negeri yang berkolaborasi dengan industri bergengsi seperti Mercedes Benz dan Roll Royce. Mengkombinasikan pelajaran kelas dengan kegiatan industri luar negeri dan bermitra dengan institusi perguruan tinggi luar negeri terbaik dunia," lanjut Dewi Comala.

Kevin Immanuel Siregar, Muhammad Fajar Al Fath dan Tania Hafifa yang merupakan awardee IISMA 2022 ke United Kingdom dan Australia juga turut hadir dalam membagikan pengalamannya selama mengikuti program IISMA. Diharapkan hal ini dapat membangkitkan motivasi mahasiswa untuk mendaftar program IISMA 2023.

Sosilisasi juga turut dihadiri oleh Hilda Cahyani, Ph..D selaku Senior Manager Pengembangan Program dan Kemitraan IISMA. Menurut Hilda, IISMA 2023 melakukan peningkatan kuantitatif dan kualitatif dengan memperbanyak kuota awardee IISMA edisi vokasi menjadi 600 lebih awardee dan penambahan partner host uni menjadi 60an. 

Hilda juga berpesan kepada mahasiswa Sumut dan Aceh bahwa mereka memiliki kesempatan yang sama. Hilda  juga berpesan agar para calon awardee tidak minder dengan mahasiswa dari daerah lain.

Sosialisasi program IISMA 2023 Wilayah Sumatra Utara dan Aceh ditutup dengan closing remarks dari Direktur PNL Ir. Rizal Syahyadi, S.T., M. Eng.Sc. Dalam closing remarksnya, Didi demikian Direktur PNL ini biasa disapa, berharap semoga dengan diadakannya kegiatan sosialisasi ini dapat meningkatkan daya saing, pengetahuan dan menambah jumlah awardee IISMA dari wilayah Aceh dan Sumatra Utara.

Informasi tambahan yang disampaiakan ke media ini oleh Koordinator Urusan Internasional PNL Ir. Azwar Yunus, ST.,M.Sc menyebutkan bahwa, IISMAVO edisi pertama tahun 2022, PNL berhasil meloloskan empat orang mahasiswa ke universitas terkemuka di Eropa, dari 400 kuota nasional ke seluruh dunia. 

"Proses seleksi untuk tahun 2023 akan segera di mulai,
mari mempersiapkan diri dan belajar inspirasi dari awardee tahun lalu, raihlah mimpi untuk belajar ke luar negeri, melalui IISMAVokasi," pungkas  lulusan universitas terkemuka Belanda ini.  [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PNL dan Polmed Gelar Sosialisasi Program IISMA 2023

Terkini

Topik Populer

Iklan