Iklan

terkini

Mahasiswa KKM Umuslim Beri Pemahaman Pemanfaatan Lele Pasca Panen

Redaksi
Minggu, Februari 26, 2023, 06:29 WIB Last Updated 2023-02-25T23:31:04Z
Mahasiswa KKM Universitas Almuslim sedang memberi pemahaman pemanfaatan  lele pasca panen (Foto/Zulkifli)

Pidie Jaya - Mahasiswa Universitas Almuslim (Umuslim) yang melaksanakan  program pengabdian KKM di Pidie Jaya beberapa waktu lalu sempat melakukan sosialisasi tentang pemanfaatan produksi Lele pasca panen.

Lokasi mereka lakukan pada usaha budidaya lele milik Iqbal salah seorang warga Desa Peulandok Teungoh, Kecamatan Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya dilakukan pada Minggu, (19/02/2023) lalu.

Mahasiswa tersebut tediri dari  Furqan, Liatin Nisak, Wulan langsung menuju ke lokasi berjumpa pemilik dan berdiskusi, kemudian mahasiswa memberi beberapa pemahaman terkait ilmu pemanfaatan produksi pasca panen.

Menurut pemilik usaha Iqbal, pembudidayakan menggunakan media kolam terpal, dipilih terpal karena dirasa lebih hemat dan juga mudah saat membersihkannya, usaha tersebut tersebut ditekuninya sejak Desember 2022.

"Kita memilih pakai kolam terpal ini karena harganya jauh lebih murah dan untuk membersihkannya kita hanya perlu mengeringkan kolam kemudian kotoran seperti lumut tinggal kita kupas saja, ya intinya sangat mudah dan tidak perlu tenaga yang besar," cerita Iqbal kepada mahasiswa.

Ada 12 kolam terpal, peruntukkannya disesuaikan  ukuran  lele yang berbeda-beda usianya.

Dibudidaya sekitar tiga bulan hingga masa panen, saat panen, lele tersebut dijual tanpa pengolahan ke beberapa pasar sekitar kecamatan tempat tinggalnya.

Menurut Iqbal dirinya masih kurang paham tentang pengolahan pasca panen, "sejauh ini belum ada inovasi karena saya baru memulai pembudidayaan," ujar Iqbal menjawab bebetapa pertanyaan mahasiswa.

“Karena itulah  kami Mahasiswa KKM memberikan pemahaman dan menggali potensi tentang  pengolahan ikan lele pasca panen," ujar Liatin Nisak pada media ini Sabtu, (25/02/2023) kemarin.

Kami memberi beberapa pemahaman tentang pengolahan lele pasca panen, selain dijual langsung juga bisa diolah menjadi abon lele, peyek dan beberapa produk makanan lainnya yang pastinya akan mendapatkan peluang keuntungan yang lumayan,” jelas Furqan, ketua kelompok mahasiswa KKM Desa Peulandok Tunong. [Zulkifli]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mahasiswa KKM Umuslim Beri Pemahaman Pemanfaatan Lele Pasca Panen

Terkini

Topik Populer

Iklan