Iklan

terkini

Fakultas dan Pascasarjana Umuslim Teken MoA dengan Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Bireuen

Redaksi
Kamis, Februari 09, 2023, 13:36 WIB Last Updated 2023-02-09T06:36:56Z
Rektor Umuslim Dr. Marwan, MPd (kanan) dan Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Bireuen Dr.H.Jufliwan, SH.MM usai tandatangan MoA (Foto/ Zulkifli)

Bireuen - Fakultas dan Program Pascasarjana lingkup  Universitas Almuslim (Umuslim) menandatangani Memorandum of Agreements (MoA)  dengan Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Bireuen.

Penandantanganan dilakukan masing-masing Dekan dan Direktur Pascasarjana dengan Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Bireuen turut disaksikan Rektor dan wakil rektor Umuslim,  berlangsung di ruang rapat Ampon Chiek Kampus Umuslim, pada Selasa, (07/02/2022) kemarin.

Rektor Umuslim Dr. Marwan, MPd pada kesempatan tersebut menyampaikan pihaknya siap berkolaborasi dan bersinergi dengan Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Bireuen demi terwujudnya Bireuen sebagai kota santri seperti harapan semua pihak.

"Penandatanganan MoA merupakan tindak lanjut dari MoU yang sudah ditandatangani Umuslim dengan Bupati Bireuen beberapa waktu lalu," ujarnya.

Marwan mengatakan, pihaknya selalu terbuka apabila ada pihak-pihak untuk bekerjasama dan berkolaboratif  dalam upaya memperkuat syariat  Islam.

Harapannya, terjadinya kolaborasi akademisi dengan  birokrasi khususnya bidang dinas pendidikan dayah dalam berbagai bentuk program kajian, riset bersama, sehingga lahirnya satu kegiatan untuk memperkuat dan mendukung syariat Islam.

Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Bireuen Dr.H.Jufliwan, SH.MM menjelaskan tentang keberadaan dinas yang dipimpinnya, dimana lembaga tersebut awalnya berbentuk Badan  dimulai sejak tahun 2012.

Saat ini dinas tersebut mempunyai dua bidang yaitu pembinaan pendidikan dayah dan Penberdayaan.

Jufliwan mengatkan, saat ini di Bireuen ada sekitar 157 dayah sudah terakreditasi, agar dayah lebih berkembang dan mandiri, maka dayah perlu pemikiran dari akademisi berasal dari berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu pertanian, IT, ekonomi, sospol dan  lainnya dapat berkontribusi untuk pengembangan ke depan.

"Mungkin pihak dayah  nantinya perlu berkolaborasi untuk memberdayakan lahan milik dayah,dan sektor lainnya seperti  kesehatan, lingkungan demi suksesnya program Gerda beriman (Gerakan dayah bersih indah nyaman dan aman)," kata Jufliwan.

"Jadi perlu peningkatan skill bidang lainnya karena di dayah masih kurang SDM bidang umum, nanti  mungkin bisa kolaborasi," harap Jufliwan.

Untuk itu Jufliwan memohon dukungan akademisi dalam berbagai aspek agar terwujudnya  peningkatan kualitas pelaksanaan syariat islam di kabupaten Bireuen.

Penandatangan naskah MoA dilakukan masing-masing Dekan Fakultas dan Direktur Pascasarjana dengan Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Bireuen, turut disaksikan Rektor dan Wakil Rektor I  Dr. Halus Satriawan,M.Si.

Pihak Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Bireuen ditandatangani langsung Kepala Dinas Jufliwan, sedangkan pihak Dekan Fakultas dan Direktur Pascasarjana dilakukan masing-masing dekan 

Acara turut dihadiri sejumlah pejabat dari Dinas Pendidikan Dayah kapupaten Bireuen dan kepala Biro lingkup Umuslim diakhiri dengan  saling memberi cendera mata dan foto bersama. [Zulkifli]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Fakultas dan Pascasarjana Umuslim Teken MoA dengan Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Bireuen

Terkini

Topik Populer

Iklan