Iklan

terkini

Wabub Pijay Terima Mahasiswa KKM Umuslim

Redaksi
Rabu, Januari 25, 2023, 18:13 WIB Last Updated 2023-01-25T11:13:53Z
Penyerahan mahasiswa KKM dilakukan rektor Universitas Almuslim (Umuslim) Bireuen Dr. Marwan, M.Pd kepada Pemkab Pidie Jaya diterima Wakil Bupati Pidie Jaya Dr. Said Mulyadi, SE., M.Si (Foto/Zulkifli)

Pidie Jaya - Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya menerima sebanyak 314 mahasiswa Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan  Bireuen, yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Pidie Jaya.

Prosesi penyerahan  mahasiswa KKM dilakukan Rektor Umuslim Bireuen Dr.Marwan, MPd kepada Pemkab Pidie Jaya diterima wakil Bupati Pidie Jaya Dr. Said Mulyadi, SE., M.Si bertempat di lobbi Pusat Pemerintahan Bupati Pidie Jaya, Cot Trieng, Selasa, (24/01/2023).

Ketua panitia pelaksana KKM Umuslim angkatan XXII tahun akademik 2022/2023, Drs. Syarkawi M.Ed kepada media ini menjelaskan, bahwa peserta  berjumlah 314 mahasiswa, yang terdiri dari 78 laki-laki dan 236 perempuan.

Syarkawi mengatakan, peserta  akan melaksanakan KKM selama 30 hari mulai 24 Januari - 21 Februari 2022, ditempatkan di empat kecamatan yaitu, Kecamatan Pante Raja 10 desa, Trienggadeng 27 desa, Ulim 30 desa, dan Bandar Dua 10 Desa.

Rektor Umuslim Peusangan Marwan, pada kesempatan tersebut menyampaikan agar mahasiswa menjaga kekompakan dengan anggota kelompok dan masyarakat.

"Mahasiswa harus menjalin kebersamaan dapat beradaptasi dengan masyarakat dan  anggota kelompok dalam melaksanakan kegiatan," pesan Marwan.

Tambah Marwan, apalagi saat ini lagi musim banjir, mahasiswa harus jadi pelopor untuk membantu dan memberi pertolongan banjir kepada masyarakat, sehingga masyarakat merasakan manfaatnya.

"Kita harus ringan langkah, harus ringan tangan dalam membantu masyarakat," harap Marwan.

Selain itu Marwan juga mengharapkan kepada mahasiswa peserta KKM, agar bisa menghidupkan syariat Islam di lolasi KKM, salah satunya menghidupkan salat berjamaah lima waktu.

"Mahasiswa harus manfaatkan untuk belajar di masyarakat, di Pidie Jaya ini, banyak tokoh masyarakat, tokoh pendidikan, tokoh sejarah, yang patut dan layak jadi panutan, untuk kita ambil ilmu dan belajar dari mereka,," pesan Marwan.

"Kami mengharapkan mahasiswa agar bisa menjaga nama baik sehingga bisa memberi kesan  bahagia, senang  dan mempunyai kesan tersendiri di hati  masyarakat," pungkasnya.

Kemudian Wakil Bupati Pidie Jaya Said Mulyadi, pada kesempatan tersebut  mengatakan, sangat bahagia dan satu kebanggaan  bagi masyarakat Pidie Jaya dengan datangnya mahasiswa KKM Umuslim Peusangan  Bireuen.

Dia  berharap mahasiswa  mampu membangun, menggali potensi kemampuan diri selama ada di Pidie Jaya, dimana masyarakat Pidie Jaya mayoritas adalah petani.

Selain itu Said Mulyadi juga berpesan  kepada mahasiswa yang melaksanakan KKM agar dapat memakmurkan tempat ibadah baik di  meunasah maupun masjid.

Harapannya kepada  mahasiswa agar dapat membantu memaksimalkan pengoperasian web gampong khususnya Web SIGAP yang merupakan web resmi pemerintah Aceh.

Selian itu Wabub juga meminta mahasiswa agar membantu dalam bidang pendidikan anak-anak di desa lokasi KKM, karena banyak pendidikan sekolah terhambat dan terjadi  kendala akibat ekses banjir.

Harapnnya peserta KKM dapat mencari solusi mengurai masalah program pendidikan  dan pemberdayaan masyarakat.

Diakhir sambutannya Said Mulyadi menyampiakan, pihaknya siap menerima dan berpartisipasi, apabila ada mahasiswa Umuslin melakukan pengabdian di Pidie Jaya pada kesempatan lain.

Penyambutan mahasiswa KKM Umuslim turut dihadiri Asisten Administrasi Umum Setdakab Pidie Jaya, H. Said Abdullah, SH, M.KM, S.KPK dan camat lokasi KKM mahasiswa Umuslim.

Sedangkan dari Umuslim turut dihadiri Wakil Rektor I dan Wakil Rektor II, Kepala Biro, dekan, kepala LPPM dan sejumlah Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)

Acara diakhiri dengan penyerahan peserta KKM dari Pemerintahan Pidie Jaya kepada camat lokasi pelaksanaan KKM yaitu Camat Pante Raja, Trienggadeng, Ulim, dan Bandar Dua, kemudian diteruskan kepada kepala desa masing-masing desa lokasi KKM. [Zulkifli]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Wabub Pijay Terima Mahasiswa KKM Umuslim

Terkini

Topik Populer

Iklan