Iklan

terkini

Masyarakat Kecamatan Nisam Gagal Tanam Padi Akibat Banjir

Redaksi
Minggu, Januari 29, 2023, 22:59 WIB Last Updated 2023-01-29T15:59:13Z
Sawah yang tergenang banjir (Foto/M. Jafar Peunteut)

Aceh Utara - Masyarakat Desa Cot Mee, Kecamatan Nisam, Kabupaten Aceh Utara mengeluh karena gagal tanam padi akibat hujan terus mengguyur, sehingga petani susah dalam usahanya, Minggu (29/01/2023).

Dalam tujuh desa di Kecamatan Nisam, yaitu Cot Mee, Cot Mambong, Cot Antung, Keutapang, Blang Croek, Desa Kreung dan Ule Blang yang terendam air, sehingga  masyarakat setempat susah melakukan aktivitas menanam padi dan gagal tanam, yang diperkirakan sekitar 400 Hektar sawah milik masyarakat terendam air.

Keuchik Cot Mee Samsul Bahri saat ditemui media ini mengatakan, masyarakat sudah dua kali gagal panen padi. 

"Karena sungai di Ujong Pacu sudah tersumbat maka air tersebut mengalir ke sini. Sudah enam bulan terendam air, mulanya tahap awal pada musim panen tidak bisa dipanen dan saat ini untuk kedua kalinya bibit padi ditabur untuk ditanam terendam lagi," katanya.

"Kami berharap kepada pemerintah kiranya dapat membersihkan sungai di Nisam, Kuta Makmur dan Ujong Pacu agar tidak terjadi banjir, sehingga masyarakat bisa menanam padi. Dengan itu, adanya kebersihan sungai maka masyarakat bisa memanen padi, dan kami sudah ajukan permohonan kepada Kecamatan serta pemerintah namun belum juga ditanggapi," lanjutnya.

Sementara itu Zhalikha Piah salah seorangw Arga setempat pada media ini mengatakan,  bahwa pihaknya gagal tanam. 

"Kami gagal tanam, sehingga kami sangat sedih tidak bisa mencari makan, hanya dari menanam padi kami bisa menikmati hidup," keluhnya.

"Padahal kalau sungai dibersihkan maka tidak terjadi seperti ini, kami berharap kepada pemerintah agar bisa menyelesaikan masalah ini, agar kami masyarakat bisa mencari sesuap nasi buat keluarga," tutupnya. [M. Jafar Peunteut]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Masyarakat Kecamatan Nisam Gagal Tanam Padi Akibat Banjir

Terkini

Topik Populer

Iklan