Iklan

terkini

Kompas Aceh Utara, Safari Subuh ke 22 di Masjid Al Hidayah Meunasah Reudeup Lhoksukon

Redaksi
Sabtu, Januari 14, 2023, 22:01 WIB Last Updated 2023-01-14T15:01:46Z
Komunitas Pemuda Subuh (Kompas) Aceh Utara (Foto/Ist)

Aceh Utara - Komunitas Pemuda Subuh (Kompas) Aceh Utara melaksanakan Safari Subuh dan Zikir Bersama pekan ke 22 di Masjid Al Hidayah Meunasah Reudeup Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara. Sabtu (14/01/2023).

Ketua Kompas Aceh Utara Ir. Muhammad Hatta, SST. MT didampingi Wakil Ketua H. Zulfitri, SKM. M.Kes mengatakan, tujuan dilaksanakan safari subuh dan zikir bersama setiap sabtu subuh dalam rangka mensyiarkan gerakan subuh berjamaah yang dibarengi dengan zikir bersama di Bumi Malikussaleh Aceh Utara.

"Program yang kami gagas juga sesuai dengan harapan Pemkab Aceh Utara untuk menjadikan Aceh Utara sebagai Kabupaten Berzikir yang telah dicanangkan oleh Pj. Bupati Aceh Utara Azwardi AP, M.Si pada 18 Agustus 2022 di Lapangan Kantor Bupati Aceh Utara di Landeng Lhoksukon," ungkap Koordinator Humas dan Kerja Sama Politeknik Negeri Lhokseumawe ini.

Pria yang biasa disapa Bung Hatta ini menambahkan, salat subuh berjamaah bukan hanya untuk meningkatkan amalan ibadah, melainkan juga dapat memperkuat ukhwah dan mempererat tali silaturrahim. Selain itu, memberi ruang kepeda generasi muda untuk mengisi kegiatan safari subuh mulai dari muazzin, imam, pemandu acara, penceramah dan pimpinan zikir.

"Kami selalu mengajak generasi muda untuk mensukseskan setiap kegiatan safari subuh, baik safari subuh Tadzkiratul Ummat Aceh maupun Safari Subuh Kompas Aceh Utara. Karena  dengan shalat subuh berjamaah akan membentuk generasi muda yang memiliki disiplin tinggi. Kita berharap setiap subuh masjid bukan hanya dipenuhi oleh generasi tua saja, anak-anak muda juga mari bangkit. Bangun pagi shalat subuh terus berkarya," ungkap Sekretaris ICMI Kota Lhokseumawe ini.

Menurutnya, generasi muda adalah solusi dan motor penggerak untuk perubahan di masa depan, karena pemuda hari ini adalah pemimpin di hari esok. Dan ini sesuai dengan pepatah Aceh yang mengatakan "Koeng pageu kareuna geurundong dan koeng gampong kareuna aneuk muda".

“Kami sangat yakin, jika generasi mudanya disiplin,  bangun pagi shalat subuh berjamaah, Insya Allah akan terbentuk generasi yang tangguh di Bumi Pase Aceh Utara. Terang, Wakil Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Lhokseumawe ini.

Sementara itu, Sekretaris Kompas Aceh Utara Ustadz Shaifuddin Fuady, S.Ag. MA mengatakan, kegiatan safari subuh Kompas setiap sabtu selalu diisi dengan ceramah dan zikir bersama. Kami yakin dengan berzikir hati menjadi lebih tenang dan senang, dengan subuh berjamaah juga akan membuka pintu rahmat dan rezeki, karena salah satu kiat meraih kesuksesan adalah dengan mengawali hari dengan shalat subuh berjamaah, demikian ungkap Shaifuddin yang juga kepala KUA Kec Lhoksukon. 

Untuk zikir sendiri dipandu oleh Tgk. Zulkarnaini Ismail alumni Dayah Darul Huda Lueng Angen (menantu Abi Tanjung Dalam Langkahan/Adinda dari Walidi Imam Besar Masjid Agung Lhoksukon) yang saat ini berdomisili di Kecamatan Langkahan bersama Tgk. Hasboh Razali Lhoksukon (Koordinator Safari Subuh Tadzkiratul Ummat) dan Tgk. Bardi Ramli dari Kecamatan Tanah Luas.

Sedangkan untuk imam, penceramah, muazzin, dan pemandu acara setiap kegiatan selalu berganti.

"Alhamdulillah subuh ini, semua kegiatan diisi oleh pemuda diantaranya, penceramah Tgk. Busairi, SH, pemandu acara Tgk. Murhaban, SH (MC acara-acara besar di Lhoksukon dan Aceh Utara), imam Tgk. Azzuhdi Al Hafidz dari Dayah Ar Raudhah Mns. Asan AB Lhoksukon dan Muazzin Tgk. Muhajjir. Ujar Dewan Pakar ICMI Lhokseumawe ini. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kompas Aceh Utara, Safari Subuh ke 22 di Masjid Al Hidayah Meunasah Reudeup Lhoksukon

Terkini

Topik Populer

Iklan