Iklan

terkini

[Sudut Pandang] JANGAN DIBACA! SEBUAH CATATAN (TAK) PENTING MILAD KE-35 PNL

Redaksi
Rabu, Desember 07, 2022, 21:53 WIB Last Updated 2022-12-07T14:56:32Z

Wajah saya terlihat berselemak tepung, akibat permainan seru dalam rangka Milad ke-35 PNL (Foto/Ist)

Oleh: Hamdani, SE.,MSM*)

Sekira pukul 15.42 WIB Selasa, 6 Desember 2022 kemarin, saya menelpon Hamdani, S.ST.,MT yang merupakan Ketua Jurusan  Teknik Mesin (JTM), Hamdani juga merupakan alumni Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) JTM.

"Besok kegiatan Family Gathering dalam rangka Milad PNL ke-35 kita gowes ke kampus yuk?" Ajak saya.

"Boleh, siapa takut. Walau saya sudah lama tak latihan, tapi saya siap," jawab Hamdani yang juga anggota komunitas saya Goweser Matang Mountain (GMM) Bike Community.

Mendengar tanggapan pria yang punya nama sama dengan saya, maka saya pun bertambah semangat. 

"Wah, jadi ini mengaspal besok," kata saya membatin.

Sejurus kemudian, saya pun menghubungi Ir. Azwar Yunus, MT.,M.Sc yang merupakan Koordinator Urusan Internasional (KUI) di PNL.

"Bagaimana, apa ada darah besok kita gowes sampai ke kampus?" Tanya saya dalam nada canda, sama Azwar yang juga hobby gowes dan bergabung dalam komunitas GGC Gurugok ini 

"Oke, siap! Kita anak syuhada selalu siap," ujar Azwar yang lulusan S2 di Belanda ini bersemangat.

Sekedar diketahui, jarak rumah saya di Matang Glumpang Dua ke kampus PNL di Buket Rata Kota Lhokseumawe pas 50 Km, jarak rumah Hamdani Ketua JTM di Kutablang ke kampus sekira 43 Km, sedangkan jarak Azwar di Gurugok ke kampus sekira 36 Km. Tentu ini bukan jarak yang singkat kalau ditempuh pulang pergi buat mereka pemula.

Singkat cerita, sekira pukul 06.00 pagi pada Kamis, 7 Desember 2022 saat mau berangkat, Khairul Fahmi yang juga anggota komunitas GMM pun ikut bergabung. Tapi sayangnya, Azwar batal bergabung. 

"Sorry, saya agak kurang sehat ini, semalam pun bergadang," kata Azwar yang juga Koordinator Sekolah Menengah Kejuruan-Pusat Keunggulan (SMK-PK) ini.

"Oke, sudah lah, saya berangkat dengan Pak Ham dan Fahmi saja. Sampai jumpa di kampus," kata saya.

Tepat pukul 09.00 pagi, saya dan Fahmi lebih dulu sampai di kampus PNL, sedangkan Hamdani sedikit tertinggal di belakang. Maklum, kurang latihan.

Sampai di kampus, Direktur PNL Ir. Rizal Syahyadi, ST.,M.Eng.Sc menyambut saya dengan hangat, pun sambutan senada juga dilakukan oleh Ir. Muhammad Hatta, S.ST.,MT yang merupakan Koordinator Humas dan Kerjasama PNL. Juga ada Wakil Direktur (Wadir) II Nanang Prihatin, S.Kom.,M.Cs dan Wadir I Ir. Zamzami, ST.,M.Eng.

Suasana Family Gathering terlihat begitu semarak, aneka permainan diadakan, doorprize juga disediakan cukup banyak. Semua civitas akademika pun terlihat sangat gembira, mereka menyatu ibarat keluarga dalam nuansa keakraban dalam rangka memeriahkan Milad ke-35 PNL.

Saya dan kawan saya Hamdani yang saya sebut duo Hamdani juga memaknai Milad kampus tercinta dengan cara yang beda, yakni dengan menempuh jarak yang tak dekat.

Tapi semua itu adalah bagian dari totalitas buat kampus tercinta. Apalagi kami sama-sama alumni, walau beda letting dan beda jurusan. Saya adalah alumni perdana Jurusan Tata Niaga (JTN) tamat tahun 2001.

Dalam beberapa hal, kami sama. Karena sama-sama menapaki karir sebagai PNS dari bawah di PNL, sebagai teknisi atau tenaga laboran. Nasib baik, kami berhasil mengubah status menjadi dosen.

Yang sedikit beda antara saya dengan Hamdani adalah dalam hal jenjang karir jabatan di PNL. Hamdani sekarang menjabat sebagai Kajur TM, secara hirarki organisasi, ini adalah orang nomor wahid di jurusan. Sedangkan saya hanya pernah menjabat Kepala Program Studi (Kaprodi) selama 3 tahun. Sekarang jabatan saya dalam hirarki organisasi hanya sebagai Kasie Laboratorium, turun grade. Selain itu, Direktur PNL minta saya membantu di bagian publikasi. Jadilah saya sebagai Koordinator Publikasi di PNL.

Begitulah, tapi apapun jabatan di PNL ataupun tak ada jabatan, saya bertekad akan memberikan yang terbaik sebagai bentuk dedikasi dan loyalitas untuk almamater saya, juga lembaga ini adalah "periuk nasi" saya. 

Mudah-mudahan di usianya yang ke-35, PNL sebagai kampus vokasi semakin berjaya dan diperhitungkan di Indonesia. Menjadi PR besar buat seluruh civitas akademika untuk bekerja sungguh-sungguh dan sepenuh hati untuk memajukan PNL, apapun tugas kita, baik sebagai dosen, maupun tenaga kependidikan (tendik). Bahkan pesuruh sekalipun. Kalau bukan kita, siapa lagi?

Maaf, tulisan ini tak bermaksud jumawa pun juga tak bermaksud menggurui siapapun, hanya sedikit catatan dalam rangka Milad ke-35 PNL berdasarkan sudut pandang pribadi penulis. Kalau tak berkenan dibaca, sila skip je. []

*)Penulis adalah seorang dosen di Jurusan Tata Niaga dan juga jurnalis yang hobby gowes

Disclaimer: Semua tulisan pada Rubrik SUDUT PANDANG bukanlah lah produk jurnalistik, juga tidak mewakili pandangan Redaksi Juang News. Untuk itu, setiap tulisan yang dimuat di rubrik SUDUT PANDANG itu menjadi tanggung jawab pribadi si penulis. Karena sesuai nama rubrik, semua konten dari tulisan tersebut, merupakan opini pribadi dari sudut pandang personal penulis. Demikian. []
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • [Sudut Pandang] JANGAN DIBACA! SEBUAH CATATAN (TAK) PENTING MILAD KE-35 PNL

Terkini

Topik Populer

Iklan