Iklan

terkini

Musrenbangdes Cot Buket, Bireuen Akomodir 18 Program SDGs

Redaksi
Kamis, Desember 08, 2022, 14:04 WIB Last Updated 2022-12-08T07:05:34Z
Musrenbangdes Cot Buket (Foto/Imran Sy)

Bireuen - Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tentang Rencana Kerja Pembangunan (RKP) tahun 2023, mengakomodir 18 program SDGs (Sustainable Development Goals) atau tujuan pembangunan berkelanjutan di desa.

Demikian terungkap dalam Musrenbangdes Gampong Cot Buket Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, dipimpin Ketua Tuha Peut Gampong T. Ahmad Maulana  di Meunasah Desa tersebut, Kamis (08/12/2022).

Dihadiri Oleh Syarifah Nurmasyitah, ST selaku Kasi PMG Kecamatan Peusangan, Keuchik Gampong Cot Buket , perangkat desa dan tokoh masyarakat. Musrenbangdes juga menginventarisir usulan-usulan yang disampaikan masyarakat desa lewat Kepala Dusun (Kadus) masing-masing.

Usulan-usulan tersebut, sebagian besar merupakan bagian dari program SDGs Desa yang menjadi tujuan pembangunan berkelanjutan di desa tersebut. Usulan itu ditampung dalam dokumen RKP 2023.

Pendamping Desa (PD) Khairun Zikri, aktif memfasilitasi jalannya Musrenbangdes dari awal hingga akhir.

Dalam Musrenbangdes terungkap, adanya kesamaan komitmen untuk menggunakan Dana Desa tahun 2023, tidak sekedar pada pembangunan fisik, melainkan juga kepada kegiatan pemberdayaan, kegiatan sosial, pemulihan ekonomi dan ketahanan pangan yang semuanya sudah terakomodir dalam 18 program SDGs  Desa, sesuai dengan Permendesa 13/2020.

Sebelumnya, Keuchik Gampong T. Iskandar dalam pengarahannya antara lain menyebutkan, Musrenbangdes merupakan kegiatan musyawarah tahunan, yang diadakan untuk menyepakati Rencana Kerja Pembagunan Desa (RKPDes) tahun 2023.

Pelaksanaan Musrenbangdes ini berpedoman pada Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa,dan Permendes PDTT RI Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat. [Imran Sy]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Musrenbangdes Cot Buket, Bireuen Akomodir 18 Program SDGs

Terkini

Topik Populer

Iklan