Iklan

terkini

Panwaslih Aceh Singkil, Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Serentak Dengan Media

Redaksi
Rabu, November 23, 2022, 22:50 WIB Last Updated 2022-11-23T15:50:50Z
Panwaslih Aceh Singkil gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Serentak bersama sejumlah wartawan (Foto/Khairi)

Aceh Singkil - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Singkil melaksanakan sosialisasi Pemilu serentak 2024 dengan media pada Rabu, (23/11/2022), di Aula Kantor Panwaslih setempat.

Kegiatan sosialisasi pengawasan Pemilu dipimpin oleh Koordinator Divisi Pengawasan dan Pencegahan Komisioner Panwaslih Aceh Singkil Azwar Ramnur, MA didampingi Ketua Sekertariat Arifin dan turut dihadiri anggota Komisioner KIP Aceh Singkil Rahimuddin.

Inti pertemuan sosialisasi menyamakan persepsi pengawasan pada Pemilu 2024 mendatang, dalam menyukseskan penyelenggaraan, dibahas di forum diskusi.

"Tugas Panwaslih atau Panwaslu tingkat daerah, Provinsi hingga Bawaslu Pusat tugasnya melekat pada masa tugas," sebut Azwar.

Sedangkan masyarakat yang partisipatif, kata Azwar, peduli dalam Pemilu bisa lebih leluasa dalam mengawasi.

Diharapkan dari media, baik dari media cetak, online, radio dan televisi, terus menerus memberitakan tahapan Pemilu dan mampu mengkontrol berita hoak alias berita bohong.

"Berita bohong yang cendrung membawa fitnah dan fiktif dengan cepat diklarifikasi media, sehingga dalam Pemilu media punya peran besar mengedukasi khalayak," tuturnya.

Sementara anggota Komisioner KIP Aceh Singkil Rahimuddin dalam acara itu menyebutkan, selama tahapan pihaknya telah melakukan verifikasi anggota Partai Politik yang ikut Pemilu 2024 mendatang sejak Agustus lalu..

Tahapan lainnya dalam perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), yakni perekrutan melalui Aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA) sejak berjalan tanggal 20 - 29 November.

"Saat ini ada sebanyak 269 pendaftar PPK di setiap Kecamatan yang tersebar di Aceh Singkil," sebutnya.

Kemudian memverifikasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan pengguna pemilih sementara.

Sosialisasi itu kemudian diakhiri dengan tanya jawab diskusi dan media mengharapkan komunikasi media selanjutnya baik Panwaslih maupun KIP, menggunakan satu pintu. [Khairi]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Panwaslih Aceh Singkil, Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Serentak Dengan Media

Terkini

Topik Populer

Iklan