Iklan

terkini

Nelayan Lhok Kuala Peudada Bireuen, Laksanakan Khanduri Laot

Redaksi
Rabu, September 28, 2022, 18:55 WIB Last Updated 2022-09-28T11:55:44Z
Panglima Laot Lhok Kuala Peudada Muhammad Karim (Foto/Muliyadi)

Bireuen - Nelayan Kecamatan Peudada yang berada di bawah naungan Panglima Laot Lhok Kuala Peudada Rabu, (28/09/2022) melaksanakan Khanduri Laot di Gampong Matang Pasi Kecamatan Peudada.

Panglima Laot Lhok Kuala Peudada Muhammad Karim kepada media ini mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan selain daripada kegiatan adat yang telah dilaksanakan secara turun temurun, juga intinya untuk mengambil berkah sekaligus ajang silaturahmi antara sesama nelayan.

"Khaduri ini juga diisi dengan kegiatan berdoa bersama dan pemberian santunan bagi anak yatim, kegiatan ini dilakukan akhir Bulan Safar setiap tahunnya," jelas Abu Muhammad. 

Adapun sumber dana kegiatan ini menurut Abu Muhammad berasal dari sumbangan tiap-tiap nelayan yang berkisar Lima Puluh Ribu Rupiah sampai dengan Satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah.

"Dana tersebut kami dikutip berdarakan hasil musyawarah dan kesepakatan bersama dan Khanduri Laot kali ini kami menyembelih seekor kerbau," terang Abu Muhammad 

"Dapat diinformasikan bahwa rata-rata nelayan di sini merupakan nelayan tangkap yang menggunakan boat langgar dengan pukat cincin dan bot kecil, kondisi boat dan pukat tersebut sebahagian sudah mulai rusak dan butuh perbaikan," lanjut Abu Muhammad.

Khanduri ini dihadiri oleh anggota DPRK Bireuen Surya Yunus, unsur dari Dinas Pangan, Kelautan dan Perikanan Bireuen, Camat, Danramil, Kapolsek, Danposlanal, Kepala PPI Peudada,  Panglima Laot Kabupaten dan para undangan lainnya lebih kurang 1.500 orang tamu undangan. [Muliyadi]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Nelayan Lhok Kuala Peudada Bireuen, Laksanakan Khanduri Laot

Terkini

Topik Populer

Iklan