Iklan

terkini

Ayo Para Goweser, Mari Manjakan Diri di Air Terjun Alue Meuh Sawang

Redaksi
Sabtu, Juli 23, 2022, 21:33 WIB Last Updated 2022-07-23T16:10:22Z
Panorama air terjun Alue Meuh, Kecamatan Sawang (Foto/Ist)

Air terjun Alue Meuh terletak di pedalaman Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, untuk mencapai ke air terjun nan elok itu, selain lewat Gampong Gunci, Kecamatan Sawang, juga bisa ditempuh lewat Gampong Pante Karya, Kecamatan Peusangan Siblah Krueng, Kabupaten Bireuen.

Tentu pilihannya terserah sama Anda, tapi yang jelas, tak mudah untuk bisa mencapai air terjun yang tersembunyi itu. Akses jalan memang ada, tapi sangat berisiko, karena kondisi jalan yang berbatu dan rusak parah tak beraspal.

Saya sudah beberapa kali sampai ke air terjun ini, baik dengan sepeda gunung, sepeda motor, bahkan dengan mobil. Walaupun sangat susah untuk sampai ke air terjun ini, justru ini menjadi tantangan tersendiri buat saya dan rekan-rekan komunitas Goweser Matang Mountain (GMM) Bike Community.

Hari ini Sabtu, 23 Juli 2022 sekira pukul 10.30 dari Ibukota Kecamatan Peusangan, Matang Glumpang Dua, saya dan rekan-rekan komunitas sepeda kembali mendatangi air terjun Alue Meuh via Gampong Pante Karya, jarak Pante Karya ke Alue Meuah hanya sekitar 12 KM, bisa ditempuh melalui jalan di tengah kebun sawit yang berbatu cadas.

Hari ini saya bersama rekan-rekan goweser menuju ke air terjun Alue Meuh menggunakan sepeda motor, karena ada misi lain, yakni mencari rute alternatif, karena pada Minggu, 31 Juli 2022 mendatang kami akan menggelar event gowes, Jejak Adventure Perjuangan 2 (JAP 2) dalam rangka HUT GMM ke-3.

Sengaja komunitas kami GMM memilih rute finish ke Alue Meuh, karena selain tempatnya yang memang sangat indah, tentu juga ada tantangan yang harus ditempuh oleh rekan-rekan goweser untuk bisa mencapai ke sana.

Kami berharap, acara JAP 2 ini bisa terlaksana dengan baik, apalagi kami komunitas GMM merencanakan juga akan menyantuni anak yatim di desa setempat, yakni di desa sekitar air terjun Alue Meuh. Jadi kami niatkan JAP 2 selain berolahraga juga beramal. 

Usai makan siang dengan bekal yang kami bawa dan menikmati panorama air terjun Alue Meuh dan mandi di air dingin nan segar, saya bersama rekan-rekan juga sempat menaiki tebing asal air terjun. Sesampai di atas tebing, saya dan kawan-kawan menemukan fakta yang sangat menyenangkan, yakni keindahan alam yang luar biasa, juga tentunya masih liar. Sayangnya kami tak membawa kamera, sehingga tak bisa mendokumentasikan kondisi keindahan tersebut.

Selanjutnya kami bergegas pulang. Kali ini kami pulang memilih rute via Sawang tembus Kecamatan Makmur, sejauh kira-kira 30 KM ke arah Peusangan.

Rute pulang ini jalannya juga sangat tidak ramah, tentu juga sangat jauh dari jarak kami di Matang Glumpang Dua. Walau kami sudah tahu kondisnya demikian, tapi kami tetap mencobanya, yakni pulang lewat arah yang berbeda.

Nah, begitulah gambaran trek yang akan ditempuh untuk kegiatan JAP 2 pekan mendatang, mudah-mudahan rekan-rekan goweser berminat untuk mencobanya.

Sampai jumpa di JAP 2, salam dua pedal. [Hamdani]

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ayo Para Goweser, Mari Manjakan Diri di Air Terjun Alue Meuh Sawang

Terkini

Topik Populer

Iklan