Iklan

terkini

Tingkatkan Kemampuan, Personel Polres Lhokseumawe Latihan SAR Laut

Redaksi
Sabtu, Februari 26, 2022, 14:48 WIB Last Updated 2022-02-26T07:48:59Z
Personel Polres Lhokseumawe saat latihan SAR laut (Foto/Ist)

Lhokseumawe - Personil Polres Lhokseumawe menggelar latihan SAR Laut guna meningkatkan kemampuan serta kesiapan personil dan operasional SAR berlangsung di sekitar Laut PPI Pusong lama, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Sabtu (26/02/2022) pagi.

Pelatihan SAR tersebut dibimbing langsung Kasat Polair Polres Lhokseumawe AKP Ibnu Sachdan dan Kasat Samapta AKP Andi Dharma, S.sos, M.Si dan dihadiri sejumlah personil Polres Lhokseumawe.

"Latihan SAR laut ini untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan dan profesionalitas personel Polres Lhokseumawe," kata Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto, S.I.K, M.H melalui Kasi Humas Salman Alfarasi, S.H, M.M.

Dia menjelaskan, salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh personel Polri adalah Kemampuan SAR Laut. Sesuai dengan arti kata SAR yang berarti Search (Pencarian) dan Rescue berarti pertolongan atau penyelamatan. 

“Maka dalam kegiatan operasional SAR dibutuhkan ilmu pengetahuan dan keterampilan teknis serta beberapa disiplin ilmu sebagai penunjang/pendukung kegiatan di lapangan,” katanya.

Selain itu pelatihan ini, lanjut Salman, wujud pembinaan serta membentuk mental setiap personel apabila dibutuhkan untuk bergerak melakukan pertolongan Laut.

"Latihan SAR laut ini mengajarkan teknik evakuasi serta penyelamatan korban di laut. Teknis ini harus berdasarkan SOP yang berlaku untuk mengurangi kesalahan prosedural dalam penanganan korban"pungkasnya. [M. Jafar Peunteut]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tingkatkan Kemampuan, Personel Polres Lhokseumawe Latihan SAR Laut

Terkini

Topik Populer

Iklan