Iklan

terkini

Dosen Unimal Laksanakan Pelatihan Penulisan Surat Dinas Buat Aparatur Desa

Redaksi
Selasa, November 23, 2021, 14:30 WIB Last Updated 2021-11-23T07:30:21Z
Kegiatan PKM yang dilaksanakan Dosen Unimal (Foto/Ist)

Aceh Utara - Sejumlah dosen Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia-FKIP Universitas Malikussaleh (Unimal), melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema Pelatihan Penulisan Surat Dinas dan Aplikasi Fungsi Mail Marge untuk Aparatur Desa Ulee Reuleung, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara. Hal ini disampaikan Emilda, S.Pd., M.Pd yang didampingi anggota Iba Harliyana, S.Pd.,M.Pd., Maulidawati, S.Pd.,M.Pd dan Sayni Nasrah, S.Pd.,M.Pd pada juangnews.com, Selasa  (23/11/2021).

Menurut Emilda, pelatihan ini adalah dalam rangka untuk meningkatkan mutu pelayanan masyarakat, dan dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada Kamis dan Jumat 18-19 November 2021 lalu.

"Hal yang mendorong pihak kami melaksanakan kegiatan tersebut, karena melihat bahwa masih ditemukannya kesalahan dalam surat resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah desa setempat. Seperti banyaknya kalimat yang tidak efektif, penggunaan tanda baca atau simbol yang tidak tepat, bahkan tata aturan dalam membuat surat masih kurang dipahami oleh aparat desa," kata Emilda yang menjadi ketua tim kegiatan tersebut.

Emilda menambahkan bahwa selama ini aparatur desa dalam hal pembuatan surat untuk keperluan masyarakat seperti Surat Keterangan Miskin, Surat Keterangan Beasiswa dan Surat Keterangan Usaha masih menggunakan Microsoft Word manual dengan mengetik setiap lembar sesuai dengan jumlah permintaan masyarakat, sehingga mengakibatkan proses pembuatan surat tersebut menjadi lama.

Lanjut Emilda, kegiatan ini diawali dengan survey lokasi dan koordinasi dengan Geuchik Ulee Reuleung untuk penjadwalan serta penentuan peserta yang akan ikut pelatihan yaitu aparatur gampong setempat. 

"Selanjutnya pelaksanaan pelatihan selama 2 hari yang terdiri dari pelatihan penulisan surat dinas dan pengenalan serta aplikasi Fungsi Mail Marge Microsoft Word pada pembuatan surat dinas untuk mempercepat pembuatan surat keperluan masyarakat dan tertib administrasi desa," terang Emilda.

"Peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan ini, karena banyak ilmu yang mereka dapatkan dimana mereka sekarang sudah mengetahui penulisan surat dinas yang benar dan juga sudah mampu membuat surat dinas secara massal dan cepat menggunakan Fungsi Mail Marge Microsoft Word," pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan Geuchik Desa Ulee Reuleung Abdullasi yang menyambut baik kegiatan ini.

"Saya menyambut baik kegiatan ini, karena selama ini pembuatan surat keperluan desa masih dengan ketik manual karena belum menggunakan Fungsi Mail Marge Microsoft Word yang bisa membuat surat dalam jumlah banyak hanya dalam waktu singkat dan lebih tertib administrasi sehingga dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan mutu pelayanan masyarakat dan saya sangat berharap kegiatan seperti ini bisa rutin dilakukan," harap Abdullasi. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dosen Unimal Laksanakan Pelatihan Penulisan Surat Dinas Buat Aparatur Desa

Terkini

Topik Populer

Iklan