Iklan

terkini

BMA dan YAH Laksanakan Lokakarya Pemanfaatan Data Program Kesejahteraan Sosial

Redaksi
Senin, Maret 13, 2023, 07:43 WIB Last Updated 2023-03-13T00:44:46Z
Lokakarya Pemanfaatan Data 
Program Kesejahteraan Sosial yang dilaksanakan BMA dan YAH (Foro/Sayed M Husen)

Banda Aceh -- Baitul Mal Aceh (BMA) dan Yayasan Aceh Hijau (YAH) melaksanakan Lokakarya Pemanfaatan Data Program Kesejahteraan Sosial di Banda Aceh, pada 10-11 Maret 2023.  

Kegiatan tersebut dihadiri pimpinan BMK se Aceh, Dinas Sosial, BAPPEDA, BPS, Diskominsa, Dinas Kesehatan, DPMG, DP3A, DRKA, BKKBN,  serta Dinas Pendidikan Dayah Aceh. 

Manurut Anggota Badan BMA, Khairina ST, pada media, Minggu, (12/03/2023) kemarin, lokakarya bertujuan membangun komitmen multi pihak dan keterpaduan mekanisme pendataan calon penerima bantuan program perlindungan sosial di Aceh.

“Untuk itu, diperlukan pengintegrasian dan komitmen bersama mekanisme pendataan program perlindungan sosial di Aceh,” katanya.

Selain itu,  tambah Khairina, lokakarya menjadi inisiasi awal pengintegrasian dan komitmen bersama dalam mekanisme pendataan program perlindungan sosial. Dia berharap, dengan kegiatan ini bisa  mendapatkan data rumah tangga miskin yang menjadi faktor penting dalam memastikan target sasaran program penanggulangan kemiskinan. 

Sementara itu,  Direktur YAH Syarifah Marlina mengatakan, UNICEF melalui Yayasan Aceh Hijau menyikapi kondisi Aceh dengan memfasilitasi sinergi dan berbagi pakai data perlindungan sosial antar SKPA, seperti BMA, Dinas Sosial Aceh, dan BKKBN Aceh.

Syarifah menambahkan, lokakarya sekaligus mensosialisasikan pentingnya pemanfaatan berbagi pakai data perlindungan sosial untuk perencanaan program kesejahteraan sosial, sehingga diperlukan jalinan kerjasama berbagai pihak. 

"Inisiasi ini dapat menjadi pilot proyek untuk menghasilkan akses data terpadu secara berjenjang dan berkesinambungan, sehingga melahirkan kebijakan yang akan menjadi pedoman bagi semua pihak dalam melaksanakan penanggulangan kemiskinan di Aceh," pungkas Syarifah. [Sayed M. Husen]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • BMA dan YAH Laksanakan Lokakarya Pemanfaatan Data Program Kesejahteraan Sosial

Terkini

Topik Populer

Iklan