Iklan

terkini

Pemko Lhokseumawe Galakkan Gerakan Masyarakat Bersih Masjid

Redaksi
Jumat, Januari 20, 2023, 20:11 WIB Last Updated 2023-01-20T13:11:41Z
Pemerintah Kota Lhokseumawe terus menggalakan Gerakan Jum'at Bersih (Foto/Iswandy)

Lhokseumawe - Untuk memupuk kepedulian lingkungan agar tetap bersih dan asri, Pemerintah Kota Lhokseumawe terus menggalakan Gerakan Jum'at Bersih. Kegiatan itu dilakukan setiap Jumat pagi  dengan melibatkan Aparatur Sipil Negara  dan partisipasi masyarakat.   

Salah satunya adalah Gerakan Masyarakat Bersih Masjid (GERMAS BM). Program  ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan dan suasana masjid yang bersih, indah dan nyaman. Hal ini sejalan dengan program Pj. Walikota Lhokseumawe untuk mewujudkan Lhokseumawe sebagai Kota Beriman dan Kreatif. 

Adapun yang menjadi sasaran dari kegiatan bersih masjid ini adalah, halaman masjid yang bersih indah dan nyaman dengan lingkungan yang hijau, tempat bersuci (toilet) yang bersih untuk menghindari kesan aroma yang tidak menyenangkan bagi jama’ah serta tempat wudhuk yang bersih dan tidak tergenang air di areal tempat wudhuk yang dapat tumbuh dan berkembangnya jentik nyamuk yang mengakibatkan gangguan kesehatan bagi para jama’ah. 

Dengan demikian akan meningkatkan kenyamanan dan kekhusukan para jamaah dalam beribadah, hal tersebut di sampaikan Kadis Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kota Lhokseumawe M. Amin, SE pada media ini di sela-sela kegiatan tersebut Jumat, (20/01/2022).

Selain itu, tambah M. Amin, kebersihan  pelataran parkir hingga selokan yang ada  di sekitar masjid juga menjadi target dalam gerakan mesjid ini. 

"Kegiatan GERMAS BM akan terus digalakkan dan menjadi suatu kebiasaan warga (jamaah) dan pengurus masjid untuk senantiasa mencintai kebersihan dan keindahan lingkungan masjid," katanya.

"Selanjutnya untuk membangkitkan semangat warga dan jamaah dan Badan Kemakmuran Mesjid (BKM)  cinta akan kebersihan lingkungan masjid. Pemerintah Kota Lhokseumawe melalui Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah merencanakan mengadakan penilaian masjid terbersih dengan memberikan penghargaan khusus kepada masjid yang mendapatkan nilai terbaik dari hasil penilaian yang dilakukan oleh tim yang dibentuk oleh Pemerintah Kota Lhokseumawe," lanjutnya lagi.

M. Amin menambahkan, Pemerintah Kota Lhokseumawe mengajak semua pihak  untuk semakin sadar dan peduli dengan kebersihan lingkungan serta persoalan sampah.

M. Amin mengatakan, Gerakan Jumat Bersih  yang dilaksanakan pada Jumat, (20/01/2023) yang menjadi lokasi pembersihan adalah  masjid  yang  ada di Kecamatan Banda Sakti. 

Lebih lanjut, M. Amin mengungkapkan bahwa Kegiatan ini diharapkan dapat membantu fungsi petugas kebersihan agar lingkungan kerja  dan area masjid di wilayah  Kota Lhokseumawe. 

"Kami minta terus dijaga dan dipelihara sehingga pelayanan  kepada masyarakat senantiasa terlihat bersih dan indah. Dengan kita peduli sampah, kita akan menjaga alam, menjaga lingkungan, semua tergantung pada diri kita masing-masing. Maka dari itu, mari kita sama-sama menjaga kebersihan utamanya di lingkungan  masjid,” pungkasnya. [Iswandy]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemko Lhokseumawe Galakkan Gerakan Masyarakat Bersih Masjid

Terkini

Topik Populer

Iklan