Iklan

terkini

Dosen Unimal Selenggarakan Program Taman Baca Gampong untuk Dukung Gerakan Literasi Nasional

Redaksi
Rabu, November 24, 2021, 11:27 WIB Last Updated 2021-11-24T04:27:38Z
Pelenggaraan Program Taman Baca Gampong untuk Dukung Gerakan Literasi Nasional (Foto/Ist)

Aceh Utara - Dosen Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Malikussaleh (FKIP-Unimal) mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Paya Gaboh Aceh Utara pada Selasa, (23/11/2021) kemarin.

Informasi ini diungkapkan dosen Unimal Nuraina, S.Pd.,M.Pd selaku ketua tim yang didampingi anggota PKM, Marhami, S.Pd.,M.Pd, Sirry Alvina, S.Pd. Riska Imanda, S.Pd.,M.Pd dan Faradhillah, dan S.Pd.,M.Pd pada juangnews.com Rabu, (24/11/2021).

Menurut Nuraina, kegiatan PKM yang bertemakan “Optimalisasi Taman Baca Gampong Buku Paga dalam Upaya Menggalakkan Gerakan Literasi Masyarakat Di Desa Paya Gaboh Aceh Utara” merupakan salah satu pendukung Gerakan Literasi Nasional (GLN) yang diluncurkan pada tahun 2016 oleh Kemendikbud sebagai induk gerakan literasi secara nasional untuk menyinergikan berbagai program dan kegiatan lintas sektor. 

"GLN merupakan upaya pemerintah untuk memperkuat sinergi antar unit utama pelaku gerakan literasi dengan menghimpun semua potensi dan memperluas keterlibatan publik dalam menumbuh kembangkan dan membudayakan literasi di Indonesia," kata Nuraina.

"Gerakan ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan budaya literasi pada ekosistem pendidikan, yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam rangka pembelajaran sepanjang hayat sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup," lanjutnya.

Menurut Nuraina, kegiatan yang mereka laksanakan disambut baik oleh seluruh elemen masyarakat yang terdiri dari anak-anak, remaja dan orang tua. 

”Kegiatan PKM ini disambut baik, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk Tridharma perguruan tinggi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan 5.0 yang akan datang,” ungkap Nuraina.

Tambah Nuraina dalam kegiatan PKM ini tim pelaksana menyediakan berbagai kelengkapan literasi diantaranya rak buku, buku, poster, dan media pendukung lainnya yang nantinya bisa digunakan masyarakat Gampong Paya Gaboh untuk meningkatkan kompetensi di Bidang literasi dan minat membaca masyarakat.

Geuchik Gampong Paya Gaboh, Zulfahmi mengatakan masyarakat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut, mereka mengharapkan kegiatan tersebut dapat terus dilaksanakan secara berkesinambungan oleh Dosen Unimal. 

Sedangkan perwakilan Masyarakat, Kamaruddin menyatakan kegiatan yang bertemakan literasi seperti ini sangat bermanfaat bagi semua kalangan terutama bagi anak-anak untuk meningkatkan minat membaca, Kamaruddin berharap program ini bisa berkelanjutan. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dosen Unimal Selenggarakan Program Taman Baca Gampong untuk Dukung Gerakan Literasi Nasional

Terkini

Topik Populer

Iklan