Wujud Rasa Syukur pada Allah, Pengusaha ini Santuni 500 Fakir Miskin di Aceh Utara

Lhoksukon – Bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat istimewa bagi umat muslim di Aceh dan di seluruh dunia. Bulan yang penuh berkah ini, dimanfaatkan umat muslim yang memiliki harta melakukan santunan kepada kaum duafa.

Salah satunya, pengusaha dan tokoh masyarakat asal Arongan, Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara Haji Mansur. Dimana setiap tahun ia selalu memberikan santunan kepada kaum duafa.

Untuk bulan Ramadan tahun ini, sebanyak 500 orang kaum duafa atau fakir miskin memperoleh santunan dari pengusaha lokal ini. Penerima santunan tersebut tersebar di beberapa desa di Kecamatan Lhoksukon, Lapang dan Nibong. Hal ini diungkapkan Mansur kepada media ini, Senin (12/4/2021).

“Santunan yang kami berikan semacam ini sudah puluhan tahun saya lakukan dan sudah menjadi agenda rutin tahunan. Karena saya memperoleh rezeki, sehingga berkewajiban menyisihkan sebagian harta kepada yang berhak menerimanya,” ungkap pria yang biasa disapa Geuchiek Mansur ini.

Selain itu, setiap bulan Ramadan Geuchiek Mansur juga menggagendakan acara santunan dan buka puasa bersama ratusan anak yatim sebagai wujud rasa syukur atas rezeki yang diberikan oleh Allah.

Ia mengaku, untuk mengawali kegiatan berbagi santunan awalnya memang sangat berat. Namun ketika sudah dijalankan dengan ikhlas, maka segalanya dimudahkan. Buktinya, hingga kini dirinya tidak mendapatkan kesulitan dalam memberikan santunan kepada kaum duafa.

“Santunan ini tidak sebanding dengan rezeki dan Rahmat dari Allah SWT yang telah diberikan kepada saya dan keluarga, dan ini adalah hak mereka yang dititip oleh Allah SWT melalui tangan saya,” ujar Geuchiek Mansur.

Sementara itu, Tgk. H. Mandawali yang sering disapa Abon Trieng Pantang selaku tokoh agama dan Pimpinan Dayah Nurul Huda Gampong Trieng Pantang Lhoksukon dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan santunan seperti ini sangat bermanfaat bagi anak yatim dan kaum duafa. Ia berharap kepada penerima santunan untuk mendoakan Geuchiek Mansur agar diberikan keberkahan oleh Tuhan.

“Semoga kegiatan seperti ini dapat dicontohkan oleh para pengusaha yang lainnya, agar menyisihkan hartanya untuk diberikan kepada anak yatim dan kaum duafa,” kata Abon Trieng Pantang.

Sementara itu, Zulkarnaini, S.Pd., M.Pd selaku Kepala Dinas Sosial dan P3A Aceh Utara, atas nama Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib dan Pemerintah Aceh Utara menyampaikan terimakasih kepada Geuchiek Mansur yang telah berkontribusi dalam rangka santunan kepada fakir miskin untuk meringankan beban kaum duafa di Aceh Utara.

“Seyogyanya Bapak Bupati Aceh Utara akan hadir di acara penyerahan bantuan ini, karena ada satu dan lain hal beliau meminta saya untuk memberikan sambutan,” ungkap Zulkarnaini.

Salah seorang penerima bantuan, Tgk. Saifuddin dari Alue Ie Mirah Kecamatan Nibong mengatakan, masyarakat sangat berterimakasih atas bantuan yang mereka terima. Karena sangat membantu mereka selama Bulan Ramadan.

“Kami atas nama masyarakat menyampaikan terimakasih kepada Haji Mansur dan sekeluarga atas santunan ini. Karena dengan adanya santunan ini, segenap masyarakat kami telah merasa terbantu dalam menyambut Bulan Suci Ramadan,” ungkap Saifuddin.

“Kami mendokan semoga Haji Mansur dan sekeluarga semakin berkah rezekinya, sehingga bisa membantu fakir miskin dan anak yatim,” tambahnya.

Kegiatan ini juga dihadiri Koordinator Humas dan Kerjasama Politeknik Negeri Lhokseumawe Muhammad Hatta, SST. MT, tokoh agama serta geuchiek dan aparatur gampong setempat. [Hamdani]

Publisher : Hamdani