Untuk Meingkatkan Produksi, Dosen PNL Ajar dan Latih Petani Kopi di Aceh Tengah

Lhokseumawe – Dalam rangka Pengabdian kepada Masyarakat sejumlah dosen Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) mengajarkan dan melatih petani kopi di Kabupaten Aceh Tengah cara meroasting kopi, menepung kopi dan desain kemasan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan produksi kopi.

Informasi ini diungkapkan Ketua Program Teknologi Tepat Guna (PPTG) Amri, SST kepada juangnews.com Rabu, (27/11/2019).

“Kegiatan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat ini terlaksana dengan dana yang bersumber dari Kemenristekdikti. Kami melaksanakan kegiatan pengabdian tersebut pada Agustus 2019 lalu,” kata Amri.

Amri menambahkan, selain dirinya ada Salahaddin, SST.,MT dan Muhammad Rizka, SST.,MT sebagai anggota tim. “Kami adalah tim solid,” aku Amri pada media ini.

Lanjut Amri, mereka menggandeng Kelompok Tani UD Rezeki yang beralamat di Desa Blang Kolak I, Kecamatan Bebesan, Kabupaten Aceh Tengah sebagai mitra.

“Kami mengajarkan dan melatih mereka untuk meningkatkan produksi kopi. Hasilnya produk menyangrai kopi dengan mesin roasting dan menepung biji kopi dengan mesin disk mill seperti Kopi Arabika, Robusta, dan Luwak,” papar Amri.

“Keunggulan produk ini mempercepat roasting kopi dan meningkatkan produksi kopi pada petani, khususnya pada mitra yang kami ajarkan dan kami latih,” pungkas Amri. [Hamdani]

Publisher: Hamdani