TPID Gelar Bursa Inovasi Desa Tahun 2019 Tingkat Kecamatan Gandapura - JuangNews

TPID Gelar Bursa Inovasi Desa Tahun 2019 Tingkat Kecamatan Gandapura

Bireuen – Tim Program Inovasi Desa (TPID) menggelar kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) Tingkat Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen. Kegiatan ini berlansung di Balai Pertemuan Kantor Camat setempat, Selasa (10/9/2019).

Ketua TPID Gandapura, Tgk. Muhammad, mengatakan Bursa Inovasi Desa bertujuan sebagai ajang pertukaran ide inovasi untuk dijadikan replika sesuai dengan potensi desa masing-masing, acara yang turut di meriahkan Sanggar Seni Rapai Burak Meunari dari desa Blang Keude ini juga memberikan piagam penghargaan kepada 11 desa terbaik yang sudah melaksanakan inovasi di wilayahnya. 11 desa tersebut meliputi Desa Ie Rhop untuk inovasi desa wisata, Desa Lhok Mambang Inovasi kerajinan perempuan, Desa Paya Seupat Inovasi Pompanisasi Vertikal, Desa Tanjong Bungong Inovasi Pompanisasi Ganda, Desa Paloh Kaye Kunyet Inovasi Usaha Ayam Pedaging, Desa Monkeulayu Inovasi Budidaya Tiram, Desa Blang Kubu Inovasi Pencegahan Stunting, Desa Samuti Krueng Inovasi Tanaman Obat Keluarga, Desa Cot Teube inovasi Pemuda Anti Narkoba dan Desa Ceubo sebagai kategori inovasi pelaksanaan 4 Prioritas Nasional Dana Desa.

Bupati Bireuen H Saifannur SSos yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan, Sekdakab Bireuen Mursyid SP , Selasa (10/09/2019) dalam sambutannya mengatakan pelaksanakan kegiatan Bursa Inovasi Desa(BID) ini harus mampu memanfaatkan Dana Desa dengan mengembangkan inovasi-inovasi untuk kesejahteraan masyarakat, Kemudian juga mendorong pertumbuhan ekonomi, peningkatan kapasitas desa yang berkelanjutan untuk kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat menuju desa mandiri. Mursyid menambahkan anggaran Dana Desa yang tiap tahun di kucurkan pemerintah harus mengedepankan musyawarah di desa sehingga bisa dipergunakan semaksimal mungkin sesuai dengan potensi di wilayah desa masing-masing, ” ujarnya.

Acara ini turut dihadiri oleh Asisten I Bidang Pemerintahan, Sekdakab Bireuen Mursyid SP, Kabid Pemerintahan dan Gampong Dinas PMG-PKB Adnan, Anggota DPRK Bireuen, Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Bireuen, Muspika Kecamatan Gandapura, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa dan 3 orang perwakilan dari desa dalam Kecamatan Gandapura.(*)

Publisher :Hamdani