PNL Rintis Kerjasama dengan PT. Pamin dan Aceh Sepakat

Medan – Untuk menampung mahasiswa supaya bisa melaksanakan magang, Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan kerjasama dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) dalam rangka Kampus Merdeka Merdeka Belajar (KMMB) hal ini sesuai dengan tuntutan pendidikan vokasi, maka pihak manajeman Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) terus berusaha menjalin kemitraan dengan DUDI. Hal ini sebagaimana diungkapkan Wakil Direktur Bidang Kerjasama dan Informasi Manajemen PNL Ir. Sariyusda, MT pada media ini Kamis, (1/4/2021).

“Kami pihak manajemen PNL terus merintis kerjasama dan kemitraan dengan DUDI. Supaya mahasiswa bisa magang atau PKL. Tentu ini tak mudah, apalagi di tengah pandemi seperti ini, kemudian di Aceh perusahaan dan industri juga sangat kurang, sehingga kami harus merintis hubungan kemitraan dengan perusahaan di luar provinsi Aceh,” kata Sariyusda.

Sejalan dengan semangat itulah kata Sariyusda, pihaknya pada Rabu, (31/3/2021) kemarin membuat pertemuan dengan manajemen PT. Pacific Medan Industri (Pamin) setelah sebelumnya juga sempat membuat pertemuan dengan pihak Aceh Sepakat di Medan, Sumatera Utara.

“Kami sempat diterima manajemen PT. Pamin yang diwakili pihak HRDnya, setelah sebelumnya juga secara informal juga kami sempat bertemu dengan pimpinan Aceh Sepakat di Medan,” ungkap Sariyusda.

“Semua itu kami rintis karena memang tuntutan regulasi dalam rangka mengisi KMMB,” lanjutnya.

Dalam pertemuan dengan Manajer HRD PT. Pamin Handoko, yang terletak di Kawasan Industri Modern (KIM) Medan, Sariyusda mengungkapkan bahwa pihak PT. Pamin menyambut baik pemaparan yang diungkapkan pihak PNL.

‘Intinya pihak PT. Pamin sangat mensuport keinginan yang diungkapkan oleh kami. Cuma mereka berharap, mahasiswa yang dikirimkan untuk magang industri harus sudah dibekali dengan kompetensi yang mereka butuhkan, seperti penguasaan Bahasa Inggris,” papar Sariyusda.

“Pihak PT. Pamin juga memaparkan, bahwa pihaknya tentu tak bisa menerima mahasiswa magang dalam jumlah yang banyak sekaligus, maka mereka juga menyarankan pada kami untuk merintis kerjasama dengan perusahan lain yang cukup banyak di KIM,” tambahnya.

Kemudian sebagaimana yang diungkapkan pihak PT. Pamin, yang pemiliknya merupakan warga negara Yaman itu. Bahwa pihaknya juga tak menutup kemungkinan kerjasama di bidang lain, sesuai dengan kebutuhan Tridharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, pengabdian dan penelitian.

“Pihak PT. Pamin mengatakan bahwa selama ini pihaknya sudah melakukan kerjasama dengan beberapa kampus. Kerjasama di bidang keilmuan mereka bisa sharing. Kemudian banyak hal yang bisa dilakukan kerjasama, misalnya bidang penelitian dan pengabdian,” papar Sariyusda.

Dalam rangka merintis kerjasama itu, kata Sariyusda pada media ini, bahwa dirinya tak sendiri. Iya juga mengajak serta Koordinator Urusan Internasional dan Dunia Usaha Dunia Industri (KUI & DUDI) PNL Azwar, ST.,M. Sc serta Koordinator Humas dan Kerjasama PNL Muhammad Hatta, S.ST.,MT.

“Saya ajak juga mereka, supaya lebih tim dari PNL lebih solid dalam usaha merintis kerjasama,” pungkas Sariyusda. [Hamdani]

Publisher: Hamdani