PNL Akan Terima Dana Hibah Tanggap Bencana Covid-19 Dari Kemendikbud

Lhokseumawe – Pandemi Covid-19 yang belum diketahui kapan berujung telah berimbas pada semua sektor, salah satunya sektor Pendidikan. Tak terkecuali Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) yang merupakan salah satu lembaga penyelenggara pendidikan tinggi vokasi di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ikut merasakan imbas langsung dari bencana virus menular tersebut.

Menghadapi situasi yang demikian, Direktur PNL Rizal Syahyadi, ST.,M.Eng.Sc pada 7 Okt 2020 lalu berinisiatif mengajukan permohonanan bantuan tanggap bencana
Kepada Dirjen Vokasi melalui Sekretaris Dirjen Pendidkan Vokasi.

“Bantuan yang kami tersebut ditujukan untuk penunjang fasilitas penunjang penyelenggaraan pendidikan pada masa pandemi Covid-19,” papar pria yang akrab disapa Didi ini pada juangnews.com Senin, (2/11/2020) kemarin.

“Alhamdulillah, permintaan kami disahuti pihak Ditjen Vokasi,” lanjutnya.

Di hadapan staf Kemendikbud Herlinawati Tarigan, SH yang merupakan Analis Kerja Sama Kemendikbud. Direktur PNL ini mengatakan meski hibah tersebur tak berjumlah banyak, tentunya bantuan ini akan sangat berguna.

“Mudah-mudahan ke depan ada bantuan yang lebih besar dari Kemendikbud untuk PNL” lanjut pria murah senyum ini penuh harap.

Menurut Didi, jika dana Rp 50 juta untuk tanggap bencana bantuan Kemendikbud untuk penunjang pendidikan sudah cair, nantinya akan dikelola oleh Pusat Penelitian Pengabdian Masyarakat (P3M) PNL.

“Dana tersebut akan dikelola oleh P3M untuk penyediaan sarana protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dan pendistribusian kebutuhan daya tahan tubuh kepada pendidik, tenaga kependidikan, serta mahasiswa” pungkas Didi.

Herlinawati usai menandatanganan dan memeriksa kelengkapan administrasi mengatakan, bahwa dana hibah tersebut akan segera cair.

“Jika berkas kelengkapannya sudah lengkap, paling lama dua pekan ke depan sudah ditransfer ke rekenjng lembaga masing-masing,” terangnya.

Sementara itu, Dr. Ir. Saifuddin, MT Kepala P3M PNL yang didampingi Wakil Direktur III Bidang Kerjasama Ir. Sariyusda, MT usai tandatangan berkas kelengkapan admonistrasi dana hibah tersebut kepada media ini mengatakan akan mengelola dana tersebut sesuai aturan.

“Dana bantuan Covid-19 tersebut akan digunakan untuk mendukung pembelajaran. Nantinya kami juga akan membuat pelaporan sesuai aturan,” kata Saifuddin.

Amatan media ini, turut hadir dalam penandatanganan penerimaan dana hibah tersebut selain dari PNL yakni hadir juga Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 2 Aceh Tengah Toto Irianto, SP dan Hilma Erliana, ST.,MT yang mewakili AKN Meulaboh Aceh Barat sebagai calon penerima dana hibah tanggap bencana dari Kemendikbud. [Hamdani]

Publisher: Hamdani