Peringati Milad Ke-3 Duta Bireuen Community Santuni Puluhan Anak Yatim

Bireuen – Dalam rangka milad ke-3 Duta Bireuen Community (DBC) puluhan anak yatim yang berada di seputaran Matangglumpangdua, Kabupaten Bireuen diberikan santunan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di kediaman salah seorang anggota komunitas tersebut yang terletak di Gampong Neuheun, Kecamatan Peusangan pada Minggu, (29/12/2019).

Dalam sambutannya penasehat DBC Samsuddin Garda mengatakan kegiatan yang dilakukan oleh DBC selama ini mencakup masalah pendidikan, keagamaan, dan sosial. Selama ini komunitas DBC sudah memberikan bantuan pendidikan kepada beberapa komponen masyarakat.

“Dalam bidang keagamaan DBC ada menyalurkan kitab-kitab ke beberapa dayah yang tersebar dari Samalanga sampai Gurugok,” kata Samsuddin.

“Dalam bidang sosial kami juga terlibat dalam donor darah, juga memberikan kepada yang musibah kebakaran, banjir dan kepada pengungsi seperti Rohingya. Kami juga pernah menyalurkan bantuan ke Afrika Selatan yang sedang kelaparan,” lanjutnya.

Menurut Samsuddin dana yang mereka salurkan selama ini adalah merupakan pertisipasi anggota DBC, baik yang dari dalam negeri maupun luar negeri.

“Dana yang kami salurkan adalah mandiri, berasal dari anggota DBC yang berasal dari dalam negeri dan luar negeri,” ungkap Samsuddin.

“Kami sangat mengharapkan bantuan-bantuan sosial itu terus berlanjut dan berkembang. Selama ini kami sangat amanah,” lanjutnya.

Terkait dengan orientasi politik, penasehat DBC ini menegaskan bahwa komunitas DBC tidak berpolitik praktis. Tapi jika ada anggota mereka aktif berpolitik, mereka akan mendukung.

“Dalam masalah politik, DBC tidak berpolitik praktis, tapi kami mempersilahkan anggota jika ingin memilih jalur politik. Secara organisasi tentu akan mensupport kepada anggota yang menjadi calon anggota legislatif,” ujar Samsuddin.

“Alhamdulillah ada dua anggota DBC yang lolos menjadi anggota DPRA dan DPR-RI. Kami berharap anggota yang lolos jadi wakil rakyat itu bisa berguna untuk masyarakat,” lanjutnya.

Samsuddin berharap pemerintah baik provinsi maupun kabupaten mau bekerjasama dengan DBC. Supaya makin berkembang dan bermanfaat buat masyarakat.

“Kami berharap ke depan pemerintah daerah untuk mengajak DBC dalam membangun Kabupaten Bireuen khususnya dan Provinsi Aceh umumnya untuk menggandeng DBC. Harapan kami ke depan DBC semakin berkembang, supaya bisa lebih bermanfaat kepada msyarakat,” pungkas Samsuddin.

Pantauan juangnews.com, kegiatan milad DBC yang dirangkai dengan Maulid Nabi itu juga dihadiri tokoh-tokoh penting, diantaranya terlihat ada anggota Komisi IV DPR-RI TA Khalid dari Partai Gerindra.

Sekedar informasi, komunitas DBC didirikan pada 26 Desember 2016 silam yang berkedudukan di Kabupaten Bireuen. Saat ini yang menjadi presiden komunitas tersebut adalah Sabaruddin Abdullah, yang merupakan salah seorang pengusaha Aceh yang sukses di Malaysia dan sekarang memilih menetap di kampung halamannya di Kabupaten Bireuen. Komunitas ini menghimpun tokoh-tokoh lintas sektoral dalam dan luar negeri. Selama ini komunitas tersebut sangat aktif di media sosial seperti Faceebook dengan nama grup Duta Bireuen Community.  [Hamdani]

Publisher: Hamdani