P4M PNL Gelar Bimtek Instrumen Akreditasi Prodi 4.0 - JuangNews

P4M PNL Gelar Bimtek Instrumen Akreditasi Prodi 4.0

Lhokseumawe – Pusat Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (P4M) Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Instrumen Akreditasi Program Studi (Prodi) 4.0. Informasi yang diterima media ini dari panitia kegiatan Selasa, (27/8/2019), kegiatan Bimtek tersebut dilaksanakan selama dua hari, yakni 27-28 Agustus 2019 di Aula Utama Lantai III PNL.

Ketua P4M PNl Ir. Herry Mahyar, MT dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting. Ia berharap kepada peserta untuk mengikuti dengan tekun dan aktif.

“Saya berharap kegiatan ini bisa bermanfaat buat bapak dan ibuk. Untuk itu saya menginginkan supaya ada diskusi dalam kegiatan ini,” harap Herry.

Kegiatan yang diikuti 100 orang peserta yang terdiri dari ketua jurusan, ketua program studi, serta tim penyusun progran akreditasi ini menghadirkan seorang narasumber, yakni Dr. Eng. Ir. Fauzri Fahimuddin, M.Sc yang merupakan Assesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dari tahun 2003 sampai sekarang.

Dalam pemaparannya Fauzri mengatakan bahwa penyusunan Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) yang berbasis 4.0 gampang-gampang susah.

“Ia penyusunan LKPS ini dibilang sulita ya sulit, tapi di ilang gampang ya gampang. Jadi gampang-gampang susah,” kata Fauzri yang merupakan dosen senior Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) ini.

Lanjut Dewan Eksekutif BAN-PT ini, LKPS berisi data kuantitatif yang secara bertahap akan diambil dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti).

“Data tersebut memuat capaian indikator kinerja Unit Pengelolaan Proggram Studi (UPPS) sebagai unit pengusul Akreditasi Program Studi (APS), serta program studi yang diakreditasi,” papar Fauzri.

Sekedar informasi instrumen APS 2019 merupakan program baru yang berorientasi pada output dan outcome yang terdiri dari dua bagian, yaitu Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED) Prodi. [Hamdani]

Publiher : Hamdani