Meriahkan Milad, Komunitas Sepeda GMM Bike Community Gelar Gobar

Bireuen – Dalam rangka memeriahkan ulang tahun atau Milad pertama, komunitas sepeda Goweser Matang Mountain (GMM) Bike Community menggelar kegiatan gowes bersama (gobar). Informasi yang diterima juangnews dari Mursal Fahmi yang merupakan salah seorang pengurus GMM, kegiatan gobar dalam rangka Milad tersebut dilaksanakan pada Rabu, (5/8/2020) dengan rute ke puncak Gle Meng-Meng yang terletak di Kecamatan Peusangan Selatan.

“Gobar ini adalah rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Milad GMM yang pertama. Rencana kami, masih dalam rangkaian memeriahkan Milad GMM, pada Minggu ini kami dari komunitas GMM juga mengajak perwakilan beberapa komunitas sepeda lainnya untuk melakulan gobar sampai ke Bate Iliek,” kata Mursal.

 

“Puncaknya adalah pada Minggu, 23 Agustus mendatang, rencananya jika penyebaran Covid-19 tak semakin parah, kami akan mengajak seluruh komunitas sepeda di Kabupaten Bireuen untuk gowes bersama. Tentu ini masih dalam rangkaian memeriahkan Milad GMM juga untuk memeriahkan HUT RI tahun ini,” lanjutnya.

Mursal menambahkan, bahwa sebenarnya ulang tahun GMM adalah tepat pada 1 Agustus. Cuma karena pada 1 Agustus bertepatan dengan suasana Idul Adha, maka waktu perayaannya digeser.

“Sebenarnya ulang tahun GMM setiap tanggal 1 Agustus. Tapi tahun ini bertepatan dengan Idul Adha, ya kami geser,” terang Mursal.

“Saat ini anggota komunitas kami ini hampir mencapai 100 orang, terdiri dari beragam profesi. Ada polisi, ada politisi, TNI, juga akademisi. Semua kami rangkul, supaya sehat bersama, sesuai dengan motto GMM, yakni Raih Sehat dengan Bersepeda,” lanjutnya.

Meraih sehat dengan bersepeda atau gowes saat ini memang sedang trend di era new normal. Fenomena ini terlihat dengan semakin banyaknya kelompok-kelompok goweser yang berwira-wiri di jalan raya tiap pagi dan sore, yang mencolok jika akhir pekan atau hari libur, jumlah goweser meningkat drastis.

Moenawar Chalil yang merupakan salah seorang goweser yang bergabung dalam komunitas GMM mengaku dirinya bersepeda untuk menjaga kesehatan, juga untuk memperkuat imun tubuh. Karena pria berpostur tinggi besar ini meyakini jika imun tubuh kuat, maka daya tahan terhadap Corona akan meningkat.

“Saya bersepeda untuk menjaga kesehatan, bukan hanya selama Corona ini saya bersepeda, tapi bersepeda sejak dulu sudah menjadi hobby saya. Cuma terkait dengan Corona ini, saya meyakini dengam bersepeda akan semakin memperkuat imun tubuh. Ini adalah ikhtiar saya, apalagi vaksin Corona belum.ditemukan,” ujar pria lulusan salah satu kampus lesehatan di Banda Aceh ini.

Hal senada juga diungkapkan Zulhadi, yang merupakan ketua Komunitas Gemini. Pria tambun ini mengaku sejak bersepeda dirinya merasa lebih sehat, berat badannya juga sudah mulai turun drastis.

“Ya, sangat besar manfaatnya bersepeda. Dulu berat saya hampir 150 kilogram, tapi sejak rajin gowes udah hampir berada di angka seratus. Alhamdulillah,” ungkap Zul sumringah.

Yang menarik, karena banyaknya peminat sepeda, saat ini harga sepeda di pasaran naik drastis. Hal ini diakui Andi, salah seorang penjual sepeda di Matangglumpangdua.

“Saat ini harga sepeda naik rata-rata sejuta lebih bang, malah toko-toko sepeda besar stok barangnya kosong. Akhirnya sekarang ini banyak muncul.sepeda modifikasi,” tutur Andi.[Hamdani]

Publisher : Hamdani