Mahasiswa Jurusan Tata Niaga PNL Dibekali Sosialisasi Pelaksanaan PKM - JuangNews

Mahasiswa Jurusan Tata Niaga PNL Dibekali Sosialisasi Pelaksanaan PKM

Lhokseumawe – Dalam rangka meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam rangka mendorong mereka untuk berpikir kreatif dan inovatif. Unit Pembinaan Program Inovasi Kreatifitas Mahasiswa (P2IKM) Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) melakukan sosialisasi pada sejumlah mahasiswa Jurusan Tata Niaga tentang pelaksanaan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Lantai III Gedung Tata Niaga pada Jumat, (4/9/2019).

Ketua Unit P2IKM PNL Alfian Putra,ST.,M. Agric bersama timnya di hadapan puluhan mahasiswa Jurusan Tata Niaga menjelaskan bahwa kegiatan PKM merupakan program dari Kemenristekdikti dalam rangka mendorong kreatifitas mahasiswa.

“Ini merupakan program kreatif dan inovatif mahasiswa. Tujuan dibuatnya program ini adalah untuk menumbuhkan minat mahasiswa dalam bidang kewirausahaan, hal ini untuk mengurangi jumlah pengangguran, karena pemerintah ingin mencari solusi terkait masalah pengangguran. Adapun manfaat lain dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan skill dan kemampuan mahasiswa,” papar Alfian.

Tambah Alfian, kagiatan yang mereka sosialisasi tersebut juga dimaksudkan supaya mahasiswa bisa menyusun dan mengupload proposal PKM yang akan dibuat nanti.

“Ada beberapa skema dalam PKM ini yang bisa didanai Dikti, yakni skema pengabdian, penelitian dan kewirausahaan. Kami akan membantu adik-adik mahasiswa, supaya mahasiswa PNL bisa bersaing dengan kampus-kampus ternama lain. Ini juga merupakan harapan Direktur PNL,” kata Alfian.

Terkait dengan kegiatan sosialisasi tersebut, menurut Alfian ini merupakan harapan pimpinan supaya peringkat PNL yang saat ini bertengger di posisi 18 bisa meningkat.

“Saya berharap adik-adik mahasiswa bisa memanfaatkan momontem ini, supaya PNL kita yang saat ini berada di peringkat 18 bisa meningkat lagi, Direktur PNL sangat berharap kita akan memperbanyak proposal yang lolos.
Tahun 2020 mendatang,” ungkap Alfian.

Alfian juga memaparkan bahwa banyak program lain yang bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk didanai oleh Dikti.

“Ada banyak program hibah yang bisa didanai oleh Dikti, ini harus bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk didanai,” pungkas dosen Jurusan Teknik Kimia ini. [Hamdani]

Publisher: Hamdani