KOMPAK Bantu Desain Media Edukasi Anti Korupsi pada Warga Desa

Bireuen – Dalam rangka mencegah perilaku koruptif dalam tata kelola Dana Desa KOMPAK ikut membantu mendesain beragam media yang bisa digunakan dalam proses edukasi anti korupsi kepada warga desa, salah satunya melalui media Trata Desa. Hal ini diungkapkan oleh agen TRATA (transparan, akuntabel, dan tepat guna) untuk wilayah Bireuen, Linda pada juangnews.com Sabtu, (12/8/2017).

Linda mengatakan, KOMPAK selaku mitra pemerintah daerah dalam upaya mendorong pengentasan kemiskinan, turut mendukung penguatan lembaga-lembaga, seperti Karang Taruna, PKK dan organisasi masyarakat sipil untuk ikut terlibat dan bersama-sama pemerintah daerah melakukan penguatan dan kampanye kepada berbagai elemen masyarakat menyangkut tata kelola pemerintahan desa yang bersih, akuntabel dan partisipatif.

“Karenanya, KOMPAK ikut membantu mendesain beragam media yang bisa digunakan dalam proses edukasi anti korupsi kepada warga desa, salah satunya melalui media Trata Desa,” kata Linda.

Linda menambahkan, guna mengikat komitmen peserta yang sudah dibekali teknik bermain TRATA, nantinya akan diperlombakan antar desa. Sehingga semangat sosialisasi ke desa-desa melakukan sosialisasi dan edukasi, kepada warga tentang transparansi pengelolaan dana desa melalui media Game Desa menjadi langkah awal untuk membuat transformasi tentang UU Desa semakin menyeluruh dan menjadi ajang kompetitif.

“Salah satu alat bantu game TRATA untuk mensosialisasikan UU Desa dan potensi penyelewangan dana desa,” jelas Linda.

Dia menambahkan sosialisasi hari ini dilakukan bersama ibu-ibu PKK dan Karang Taruna di Kecamatan Simpang Mamplam, Kabupaten Bireuen, Aceh dengan jumlah peserta kurang lebih 60 orang.

Diharapkan, melalui dukungan KOMPAK, para alumni Trata Desa di Kabupaten Bireuen bersama ibu-ibu PKK dan Karang Taruna melaksanakan kegiatan konsolidasi dan pelatihan tentang penggunaan alat bantu Trata Desa.

Camat Simpang Mamplam Erri Seprinaldi menyebutkan bahwa Trata Desa merupakan media yang dirancang khusus untuk mensosialisasikan konsep dasar gerakan dan pencegahan perilaku koruptif dalam berbagai tahapanan pembangunan desa, mulai dari proses perencanaan, pengadaan, pelaksanaan kegiatan dan pembangunan, pertanggung-jawaban dan pelaporan serta pengawasan dan monitoring.

“Melalui kegiatan ini, peserta akan memperoleh aneka pengetahuan tentang berbagai studi kasus atau gambaran tentang kondisi-kondisi yang berpotensi mendorong perilaku koruptif dan tindak pidana korupsi dalam pembangunan desa serta tips-tips sederhana dalam melakukan pengawasan terhadap tindak korupsi di desa,” ungkap Erri.

Transformasi potensi penyelewangan dana desa melalui game TRATA pun, ikut dimentori oleh agen Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK) Bireuen. Selain itu turut didampingi oleh Hamdani (ketua karang taruna Simpang Mamplam). [Hamdani]

Publisher : Hamdani