Jurusan Tata Niaga PNL Gelar Yudisium ke-20 secara Virtual

Lhokseumawe – Di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang semakin parah di Provinsi Aceh, Jurusan Tata Niaga, Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) tetap melaksanakan proses akademik yang disesuaikan dengan kondisi, yakni melaksanakan yudisium secara virtual untuk empat Program Studi (Prodi), yakni Prodi DIV Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah (ALKS), Prodi DIII Keuangan Perbankan, Prodi DIII Akuntansi dan Prodi DIII Administrasi. Kegiatan tersebut digelar di Aula Lantai III Jurusan Tata Niaga, Jumat, (4/9/2020).

Ketua Jurusan Tata Niaga Zulkarnaini, SE.,M.Si.Ak.CA dalam sambutannya mengatakan bahwa mahasiswa yang diyudisium dari empat prodi adalah sebanyak 272 orang, dengan predikat cumlaude sebanyak 43 orang.

“Jurusan Tata Niaga sampai tahun ini sudah melaksanakan yudisium ke-20, tahun ini jumlah diyudisium adalah 272 orang, dengan katagori cumlaude adalah sebanyak 43 orang,” papar Zulkarnaini.

“Sementara total jumlah alumni yang sudah dihasilkan oleh Jurusan Tata Niaga adalah sebanyak 3.402 orang. Saat ini mereka sudah bekerja di berbagai sektor industri dan jasa, baik dalam maupun luar negeri,” lanjutnya.

Selanjutnya dalam sambutannya, Zulkarnaini mengatakan bahwa dirinya merasa sangat terharu dengan kondisi pandemi yang tak pernah dibayangkan ini. Meski begitu, ia tetap berharap supaya semuanya optimis.

“Saya begitu terharu dan tak pernah membayangkan kondisi seperti ini. Tapi kita tetap harus bangkit, sesuai tema yang kita usung hari ini, yakni, optimis bangkit dari Pandemi Covid-19, menuju kompetensi industri yang rnanantang kompetensi,” ungkap Zulkarnaini.

“Terus bangkit, supaya sukses di dunia kerja. Jika selama ini jika kami ada salah dalam mendidik kalian, maka kami minta maaf. Ini merupakan proses, karena yang harus diyakini, usaha tak pernah mengkhianati hasil,” lanjutnya.

Terakhir Zulkarnaini berharap kepada yudisiawan dan yudisiwati supaya ilmu yang selama ini diperoleh bisa berguna di dunia kerja.

“Mudah-mudahan ilmu yang diperoleh selama menampa pendidikan akan bisa diwujudkan di dunia kerja. Terus mengasah skill untuk meningkatkan kompetensi. Terus asah soft skill,” pesan Zulkarnaini.

Selanjutnya Wakil Direktur I Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Zamzami, ST.,M.Eng dalam sambutannya secara virtual mengatakan, menaruh apresiasi yang besar kepada Jurusan Tata Niaga, karena walau di tengah situasi pandemi seperti ini, masih tetap bisa melaksanakan kegiatan akademik, yakni yudisium virtual.

Zamzami juga mengakui bahwa banyak sekali lulusan Jurusan Tata Niaga yang punya kompetensi yang baik.

“PR buat Jurusan Tata Niaga yakni pembukaan beberapa prodi baru, ini mohon segera diselesaikan,” kata Zamzami.

Kepada mahasiswa lulusan Zamzami juga berpesan harus mengutamakan adab, hal ini sesuai dengan motto PNL.

“Mahasiswa harus mengutamakan adab atau attitude, hal ini sesuai dengan motto PNL, Adab Beulee, Ileumee Beuna. Maknanya adalah, adab lebih utama daripada ilmu,” pungkas Zamzami.

Pantauan media ini, kegiatan yang dipusatkan di ruang aula Tata Niaga tersebut hanya menghadirkan beberapa orang staff terkait, seperti Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan, mantan Ketua Jurusan, serta para Kaprodi. Selain itu juga diundang empat orang mahasiswa dengan IPK tertinggi yang didampingi orangtua mereka. Kondisi ini disesuaikan dengan protap Covid-19 untuk jaga jarak, juga mereka yang hadir di ruangan semua menggunakan masker. Sedangkan mahasiswa semua berada di rumah masing-masing dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting. [Hamdani]

Publisher: Hamdani