Ini Rangkaian Kegiatan Gowes RBA dalam Rangka Memperingati MoU Helsinki ke 15 dan HUT RI ke 75

Banda Aceh – Dalam rangka memperingati MoU Helsinki ke 15 dan HUT RI ke75 RoadBike Aceh (RBA) melaksanakan berbagai kegiatan gowes di beberapa daerah. Ketua RBA Zainal Abidin pada media ini Minggu, (16/8/2020) mengatakan pada kegiatan yang dimaksud tema yang mereka usung adalah “RBA nge-Loops 75K Damai dan Merdeka”

Menurut Zainal kegiatan itersebut dilaksankan pada Minggu 16 Agustus 2020 dengan mengambil Titik Kumpul sekaligus Start di pelataran Museum Tsunami bilangan Blang Padang Kota Banda Aceh, dengan rute mengelilingi kota Banda Aceh dan sekitarnya dengan total jarak tempuh 75 Km, dengan pitstop masing di Meuligo Wali Nanggroe, Taman Ulee Lheu dan finish di Rumoh Aceh Kopi Luwak di kawasan Jeulingke.

“Kegiatan ini diikuti oleh peserta terbatas, meskipun sampai jelang pelaksanaan ada beberapa peserta berniat ikut serta, akan tetapi mengingat situasi masih dalam kondisi pandemik covid19 dengan terpaksa kita batasi,” kata Zainal.

“Mengingat antusiasme peserta yang cukup tinggi, rencananya giat gowes jarak 75 Km dgn rute flat dan kecepatan sedang ini akan dijadikan agenda bulanan apabila pandemi Covid19 mereda,” lanjutnya.

Menurut Zainal, kegiatan bersepeda dalam rangka memperingati perjanjian damai Aceh dan Hut RI ke75 juga dilakukan oleh RBA di daerah-daerah lainnya.

“Seperti yang dilakukan oleh RBA wilayah Bireuen, menurut Koordinator RBA wilayah Bireun dr. Fauzan T. Banta, RBA wilayah yang dipimpinnya mengadakan Merdeka Ride dengan jarak tempuh 200 Km dengan rute yang cukup ekstrim dan menantang yaitu rute Bireun – Takengon PP selama dua hari,” ungkap Zainal.

“Kegiatan Merdeka Ride wilayah Bireuen ini juga diikuti juga oleh perwakilan RBA wilayah Lhokseumawe dan Aceh Utara. Menurut koordinator RBA wilayah Lhokseumawe/ Aceh Utara dr. Agung, sebenarnya RBA wilayah Lhokseumawe akan mengadakan giat gowes Damai dan Merdeka juga di wilayahnya tetapi beberapa hari sebelumnya mendapatkan undangan dari RBA wilayah Bireuen untuk menjajal rute ekstrim Bireuen – Takengon PP. Menurutnya kegiatan Merdeka Ride juga merupakan persiapan jelang pelaksaan Tour de Merah Putih yang akan menempuh rute yang sama,” lanjutnya.

Zainal mengatakan, selain kegiatan gowes di kedua wilayah tersebut, RBA wilayah Aceh Jaya juga mengadakan Damai dan Merdeka Ride, hal ini sebagaimana yang diinformasi oleh koordinator RBA wilayah Aceh Jaya Rahmad.

“Kegiatan gowes di wilayah mereka dilakukan dengan rute Lamno – Perbatasan Jantho Aceh Besar. menurut informasi rute ini sangat luar biasa dengan tanjakan yang menantang cukup menguras tenaga, akan tetapi kelelahan itu terbayar dengan panorama pemandangan Puncak Geurutee, Sungai Sabit, dan pegunungan Kawan Lamdurian yang cukup indah, termasuk tanjakan fenomenal yang harus dirasakan oleh goweser Aceh yaitu tanjakan Ayu Tongting,” ungkap Zainal.

Sementara itu, di wilayah Pidie giat Damai dan Merdeka Ride juga dilaksanakan dgn sukses, menurut koordinator RBA wilayah Pidie Epi Apifuddin, kegiatan gowes ini juga dilaksanakan pada hari yang sama, akan tetapi waktu startnya diambil lebih awal yaitu pukul 06.00 WIB, hal ini dilakukan karena rute yang dilalui juga merupakan jalan nasional yang cukup ramai dilalui kendaraan besar.

“Maka start lebih awal dilakukan guna menghindari ramainya lalu lintas kendaraan di kawasan tersebut. Damai dan Merdeka Ride RBA wilayah Pidie ini dengan start di kawasan Beureunun menuju Kota Bireuen lalu kembali lagi ke Pidie,” sebut Zainal.

“Secara keseluruhan kegiatan gowes RBA di berbagai wipayah dalam rangka memperingati damai Aceh dan HUT ke 75 RI terbilang sukses dan zero accident,” pungkas Zainal. [Hamdani]

Publisher: Hamdani