Dukung Program Pemerintah, Desa Blang Rheue Gelar Sosialisasi Stunting

Dukung Program Pemerintah, Desa Blang Rheue Gelar Sosialisasi Stunting

*Sehari Sebelumnya di Desa Cot Mane

Bireuen – Dalam rangka untuk mendukung program Pemerintah dalam penurunan angka Stunting di Kabupaten Bireuen tahun 2019, Pemerintah Desa Blang Rheue melaksanakan sosialisasi Stunting kepada masyarakat di Meunasah Desa setempat, Rabu (16/10/2019) pagi.

Keuchik Gampong Blang Rheue, Tgk. Baihaqi, S. Pd. I mengatakan, dilaksanakannya sosialisasi stunting ini bagian dari tugas desa ikut andil dalam menurunkan angka stunting di kabupaten Bireuen.

Baihaqi juga menambahkan, permasalahan stunting bukan hanya tugas ibu-ibu saja melainkan juga tugas bersama baik pemerintah desa, tuha peut dan semua orang tua harus sama-sama mendukung program stunting.

Baca Juga : Dalam Rangka Dies Natalis ke-32 PNL Sukses Menggelar Seminar Nasional III

Kegiatan ini menghadirkan pemateri Kepala Puskesmas Monkeulayu dan Pendamping Desa Kecamatan Gandapura, Sementara Kepala Puskesmas Monkeulayu, Mustafa, SKM dalam pemaparannya mengatakan tujuan dilaksanakannya sosialisasi untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat, khususnya perempuan yang ada di Desa.

Dengan demikian, mereka akan mengetahui dan mengerti penyebab Stunting dan bagaimana cara penanggulangannya, baik dalam pemberian gizi yang baik, pola makan maupun tersedianya akses air minum dan sanitasi yang layak.
“Pada dasarnya Stunting disebabkan oleh multisektor, bukan hanya disektor kesehatan tapi juga ekonomi, pendidikan,sosial, adat dan budaya masyarakat,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu Mustafa juga berpesan khusus kepada masyarakat untuk selalu menjaga higienis dan sanitasi.
“Jaga higienis dan sanitasi, baik ketika berada dirumah maupun ketika berada ditempat kerja. Kemudian selalu mencuci tangan pakai sabun sebelum atau sesudah beraktivitas (kerja),” pesannya.

Kegiatan tersebut turut hadir Sekcam Gandapura, Pendamping Desa, Bidan Desa, Tuha Peut dan Seluruh perangkat desa beserta masyarakat Desa Blang Rheue.

Baca Juga : Tingkatkan Kompetensi Dosen, LSP PNL Buat Pelatihan Asesor

Kegiatan Sosialisasi Stunting ini ditutup dengan doa oleh imum gampong dan pembagian paket makanan bergizi kepada peserta sosialisasi stunting.

*Sehari Sebelumnya di Desa Cot Mane

Kegiatan yang sama juga dilaksanakan sehari sebelumnya di Desa Cot Mane dengan pemateri yang sama bertempat di Gedung Serba Guna Desa Setempat Selasa (15/10/2019).

Sosialisasi Stunting di Desa Cot Mane

Camat Gandapura, Ibrahim, S. Sos Memberikan Kata Sambutan pada Kegiatan Sosialisasi Stunting di Gedung Serba Guna Desa Cot Mane Selasa (15/10/2019) / Foto Dok.

Kegiatan Sosialisasi Stunting di Desa Cot Mane di ikuti 60 Peserta dari kalangan ibu-ibu dan perangkat desa. Keuchik Desa Cot Mane, Hamdani Agani berharap kegiatan ini bisa menjadi pengetahuan bagi masyarakat tentang pentingnya pencegahan stunting sejak dini sehingga generasi kedepan lebih sehat dan cerdas.

Kegiatan Sosialisasi di Desa Cot Mane turut hadir Camat Gandapura, Ibrahim, S. Sos, Pendamping Desa, Bidan Desa, Tuha Peut, Perangkat Desa dan Masyarakat Desa. (rel)