Dosen PNL Melatih Kelompok Tani untuk Mengolah Limbah Kopi Menjadi Pakan Ternak

Lhokseumawe – Menjadi dosen harus selalu inovatif, sehingga akan berguna untuk mengembangkan keilmuan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat yang menjadi salah satu kewajiban dosen dalam rangka Tridharma Perguruan Tunggi selain mengajar dan meneliti. Hal inilah yang dipraktekkan Milawarni, S.Si.,M.Si, Elfiana, ST,. MT dan Ir. Moh. Arskadius Abdullah, M.Si.

Sebagai bentuk totalitas mereka dalam pengabdian kepada masyarakat, sekelompok dosen Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) ini mengajarkan melatih cara pengolahan limbah kopi menjadi wafer pakan ternak melalui teknologi mesin pencecah dan pencetak wafer.

Hal ini diungkapkan Milawarni yang mengaku sebagai ketua tim dalam kegiatan tersebut, pada juangnews.com Rabu, (27/11/2019).

“Kegiatan kami tersebut namanya adalah Program Penerapan Teknologi Tepat Guna yang didanai Kemenristekdikti,” kata Milawarni.

“Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Juli 2019 silam pada kelompok tani dan ternak di Desa Bies Penantanan dan Pucuk Deku, Kecamatan Bies, Kabupaten Aceh Tengah,” lanjutnya.

Menurut Milawarni hasil produk dalam bentuk wafer pakan kemasan dari kulit kopi lebih bergizi untuk ternak rumanansia, seperti sapi dan kambing.

“Lebih bergizi untuk ternak, kemudian keunggulan produk ini bisa mengatasi pakan ternak di musim kemarau,” ungkap Milawarni.

“Selain itu mengurangi tempat penyimpanan, menekan biaya transportasi, memudahkan penangananan penyajian pakan, serta kandungan nutrient yang konsisten,” lanjutnya mengakhiri informasi pada media ini. [Hamdani]

Publisher: Hamdani