Dosen PNL Kembangkan Teknologi untuk Meningkatkan Produktifitas Ikan Lele

Lhokseumawe – Dalam rangka membantu petani tambak, khususnya dalam budidaya ikan lele Ir. Anwar Fuadi, MT dan Dr. Usman yang merupakan dosen Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) berinisiatif mengembangkan teknologi untuk meningkatkan produktifitas ikan lele.

Informasi ini disampaikan Anwar Fuadi pada media ini Kamis, (19/12/2019) mengatakan bawa teknologi yang mereka kembangkan adalah aplikasi nano buble aerator dan bioflok dalam budidaya ikan lele.

“Penggunaan aerator nano buble bertujuan menambah oksigen terlarut ke dalam air dengan ukuran terkecil. Oksigen yang tinggi akan mempercepat metabolisme ikan,” kata Anwar Fuadi.

“Kondisi tersebut akan mengurai amonia didalam air sehingga akan menjaga air kolam tetap bersih. Dipadu dengan bioflok untuk penghematan pakan,” lanjutnya.

Anwar Fuadi menambahkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Penerapan Teknologi Tepat Guna yang dibiayai oleh Ristekdikti itu dilaksanakan sejak Oktober 2019 lalu. Kegiatan itu dilaksanakan di Desa Teumpok Teungoh, Kota Lhokseumawe dengan menggandeng Iskandar sebagai mitra dari kegiatan tersebut.

“Penerapan teknologi ini dapat meningkatkan produktivitas ikan karena dapat mengurangi tingkat kematian ikan juga dapat memotong masa panen dari yang biasanya tiga bulan menjadi dua bulan,” pungkas Anwar Fuadi pada media ini. [Hamdani]

Publisher: Hamdani