Dosen PNL Kembangkan Sistem Penyedia Air Bersih untuk Masyarakat

Lhokseumawe – Sejumlah dosen Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) dalam Program Kemitraan Masyarakat berhasil mengembangkan sistem penyedia air bersih untuk masyarakat di kawasan air payau  di Desa Kuala. Hal ini diungkapkan ketua kegiatan Munawar, ST, MT yang merupakan dosen Jurusan Teknik Kimia PNL pada juangnews.com Selasa, (10/12/2019).

“Kami berhasil mengembangkan sistem penyedia air bersih untuk masyarakat di kawasan air payau  di Desa Kuala, di kawasan Kota Lhokseumawe,” ungkap Munawar didampingi anggota kegiatan Ir. M. Yunus, MT yang juga merupakan dosen Jurusan Teknik Kimia PNL dan Abdullah Irwansyah, ST, MT dosen Jurusan Teknik Sipil PNL.

Lanjut Munawar, penerima manfaat atau mitra daru kegiatan yang mereka laksanakan tersebut adalah masyarakat di pemukiman air payau Desa Kuala, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe.

“Kegiatan ini  salah satu kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di bawah P3M PNL, yang didanai Kemristekdikti tahun 2019, yang kami laksanakan sejak Juli hingga November 2019 lalu,” rinci Munawar.

Tambah Munawar, bentuk kegiatan yang mereka lakukan yakni pengembangan sistem penyedia air bersih untuk masyarakat kawasan air payau Desa Kuala dan transfer iptek dalam bentuk pelathan tentang teknologi yang dikembangkan untuk masyarakat tersebut.

“Mudah-mudahan kegiatan yang kami laksanakan ini akan bermanfaat dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat, karena ini juga merupakan tanggung jawab kami dosen dalam rangka Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat, selain mengajar dan meneliti,” pungkas Munawar. [Hamdani]

Publisher: Hamdani