Dosen PNL Bina Pemuda Desa Geulanggang Teungoh, Kabupaten Bireuen Mengolah Jernang Berkualitas SNI

Bireuen – Melalui Program Penerapan Teknologi Tepat Guna, Dr Saifuddin yang merupakan salah seorang dosen Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL), berhasil mambina sekelompok pemuda di Desa Gelanggang Teungoh, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen mengolah resin jernang yang berkualitas Standar Nasional Indonesia (SNI).

“Saya membina pemuda Desa Geulanggang Teungoh, Kabupaten Bireuen mengolah jernang yang lebih berkualitas dan lebih bernilai ekonomis, dengan cara mekanisasi proses pengolahan jernang untuk peningkatan kuantitas dan kualitas resin jernang sesuai SNI,” jelas Doktor lulusan Malaysia ini pada juangnews.com Kamis, (12/12/2019).

“Peningkatan kualitas jernang akan mempengaruhi nilai jual jernang di pasar ekspor,” lanjut dosen PNL Jurusan Teknik Kimia ini.

Menurut Saifuddin kegiatan yang dilaksanakan dari November 2018 tahun lalu tersebut menggandeng CV Dragon Blood Aceh milik T Ja’far di Desa Geulanggang sebagai mitra.

“Program ini merupakan program pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk diseminasi teknologi untuk diterapkan di kelompok pengolah jernang,” pungkas Saifuddin.

Sekedar informasi jernang adalah sejenis resin yang dihasilkan dari beberapa spesies rotan dari marga Daemonorops. Resin berwarna merah ini telah sejak lama diperdagangkan dan dimanfaatkan sebagai bahan pewarna, dupa, dan bahan obat tradisional.

Dhasilkan dari Sumatera dan Kalimantan, sebutannya dalam berbagai daerah di antaranya adalah jernang, jerenang, jeranang, jeronang, dan lain-lain. Saat ini bubuk merah ajaib berharga sangat mahal. [Hamdani]

Publisher : Hamdani