Difasilitasi MITRASDUDI Dirjen DIKSI Kemendikbud RI UPT PKM PNL Gelar ToT Konseling Karir

Lhokseumawe – Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Karir Mahasiswa (UPT PKM) Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) menggelar kegiatan Training of Trainer (ToT) Konseling Karir PNL 2020. Mengingat kondisi wabah pandemi Covid-19 yang belum mereda kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring, melalui Aplikasi Zoom Meeting yang dibuka pada Selasa, (29/9/2020).

Ketua panitia Diana, SE.Ak.,M.Si yang juga Kepala UPT PKM PNL pada media ini usai acara mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan acara tersebut adalah untuk memberikan pengetahuan dan penguatan bagi Pembina dan Pembimbing Konseling Akademik yang selama ini melaksanakan tugas pembimbingan dan pembinaan di tingkat jurusan.

“Kita berharap dengan adanya pelatihan ini mereka lebih fokus dalam pembimbingan karir untuk mendampingi mahasiswa tingkat akhir dalam menghadapi dunia kerja,” kata Diana.

“Diperlukan kesiapan para dosen pembimbing dalam memberikan pelayanan konsultasi akademik dan karir sehingga, dengan pelatihan ini PNL akan memiliki Konselor Akademik dan Karir yang handal dan kompeten dalam bidang Bimbingan Konseling Karir dan pada akhirnya akan meningkatkan SDM PNL yang siap bersaing secara global,” lanjutnya.

Menurut Diana Pelatihan ToT Konseling Karir ini difasilitasi dari Pendanaan Program Pengembangan dan Penguatan Bursa Karir Khusus Pendidikan Tinggi Vokasi dari kerjasama MITRASDUDI Dirjen DIKSI – Kemendikbud RI, tahun 2020.

“Tahun ini PNL melalui UPT Pengembangan Karir merupakan 10 PTV Indonesia yang menerima dana hibah ini, sehingga dapat melaksanakan program-program unggulan seperti pada hari ini,” terang Diana.

Sementara itu dalam sambutannya Direktur PNL Rizal Syahyadi, ST, M.Eng, Sc mengatakan bahwa peran SDM PNL harus selalu ditingkatkan dengan tujuan utama meningkatkan kompetensi dan pendampingan terhadap mahasiswa sebagai lulusan PNL yang handal dan nantinya akan berpengaruh terhadap kemajuan dan pengembangan PNL.

“Daya persaingan PNL sekarang sudah semakin global, karenanya dibutuhkan upgrading kompetensi dari seluruh komponen SDM di PNL mulai dari manajemen, staf pengajar dan staf tendik dan seterusnya,” kata pria yang sering disapa Didi ini.

“Agar tujuan yang diharapkan akan tercapai saya mengharapkan peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik dan dapat memberikan manfaat besar bagi pendampingan dan pembimbingan mahasiswa-mahasiswa PNL secara keseluruhan,” lanjutnya.

Dalam.kesempatan itu Didi juga menegaskan bahwa pimpinan PNL selalu berkomitmen mendukung kegiatan-kegiatan seperti yang dilaksanakan UPT PKM.

“Pimpinan dan manajemen PNL berkomitmen selalu mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini untuk dilaksanakan,” pungkas Didi.

Informasi yang diterima media ini dari panitia, kegiatan yang menghadirkan Pemateri Dra. Nurjanah, Psikolog, CHt, MM dan Team dari PT Psikodista Konsultan akan dilaksanakan dari 29 September 2020 sampai 5 Oktober 2020 mendatang.

Akan dilaksanakan secara webinar dengan fasilitas Aplikasi Zoom Meeting, yang diikuti oleh peserta sebanyak 50 orang dosen dan tendik dari semua jurusan di lingkungan PNL. [Hamdani]

Publisher: Hamdani