Cegah Covid-19 Mahasiswa KKN Unimal Bagi-bagi Masker ke Pedagang Kecil dan Tukang Becak

Bireuen – Mahasiswa Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan menjadi relawan Covid-19 yang merupakan Kelompok 196 pada Sabtu, (09/05/2020) membagi-bagikan masker kepada tukang becak dan pedagang kecil di seputaran Alun-Alun Kota Bireuen.

Sebagaimana diketahui, akibat pandemi Corona Virus yang melanda dunia, akhirnya KKN Unimal kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan mahasiswa harus berjuang di tengah-tengah pandemi virus covid-19 dan di bulan suci Ramadan. Hal ini diungkapkan Devi Indriana yang merupakan ketua KKN Unimal Kelompok 196 pada media ini.

“Kondisi pandemi Corona tidak membuat semangat kelompok 196 menurun. Kami tetap akan melaksanakan kegiatan KKN ini dengan baik, dengan menjadi relawan Covid-19. Hari ini kami membagi-bahikan masker kepada pedagang kecil dan tukang becak,” kata Devi.

Menurut Devi anggota kelompok 196 tersebut selain dirinya, ada enam orang lagi kawannya, terdiri dari, Sasqia Putri, Intan Zuhra, Afrianti dan Intan Zahara berasal dari Prodi Agribisnis, Al Muna berasal dari Prodi Psikologi dan Maulana berasal dari Prodi Pendidikan Matematika.

“Untuk mengantisipasi penularan Covid-19 mahasiswa KKN Kelompok 196 mengadakan program pembagian masker kepada masyarakat yang ada di seputaran kota Bireuen,” ungkap Devi.

“Kami mengutamakan masyarakat yang ekonomi menengah ke bawah seperti tukang becak, pedagang kecil dan peminta-minta di lantas Kota Bireuen. Hal ini sesuai dengan misi relawan Covid-19 Bireuen,” lanjutnya.

Devi juga menghimbau masyarakat supaya tetap waspada ketika berada di luar rumah, dengan memakai masker dan tetap menjaga kebersihan diri.

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada diri, menjaga kesehatan dan memakai masker ketika berada di luar rumah,” pungkas Devi.

Sementara Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Zuraida.S.Ag.MA pada media ini mengaku sanhat mengapresiasi kerja mahasiswa dalam membantu pemerintah guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Saya sebagai DPL sangat mengapresiasi kerja mahasiswa dalam membantu pemerintah dalam pencegahan covid-19. Salah satu bentuk kepedulian mahasiswa dengan membagi-bagikan masker serta mengsosialisasikan kepada masyarakat begitu pentingnya memakai masker ketika terpaksa harus beraktifitas di luar rumah, sesuai rekomendasi dari WHO. Dengan memakai masker kita yakin bisa mengendalikan, memberantas bersama- sama menyelesaikan permasalahan Covid- 19,” ujar Zuraida. [Hamdani]

Publisher: Hamdani