Balai Baca Selenggarakan Pelatihan Keterampilan Bagi Warga Paseh

Bireuen – Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Balai Baca Bireuen selenggarakan pelatihan keterampilan untuk masyarakat Gampong Paseh, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari Jumat-Sabtu, (11-12/12/2020) tersebut merupakan rangkaian dari program “Kampung Literasi Paseh” dari Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Informasi ini disampaikan Rifqi selaku Pendiri TBM Balai Baca pada juangnews.com Sabtu, (12/12/2020). Rifqi juga menambahkan, bahwa ada tiga pelatihan yang mereka laksanakan.

“Ada pelatihan pembuatan tempe, pengolahan pakan ternak dan pengolahan limbah ternak yang kita selenggarakan bagi warga Gampong Paseh,” tutur Rifqi.

“Pelatihan ikut dihadiri oleh Geuchik Gampong Paseh tersebut diikuti oleh puluhan peserta yang terdiri dari kalangan ibu-ibu dan bapak bapak yang merupakan warga setempat,” tambahnya.

Ditanyai mengenai alasan memilih pelatihan pembuatan tempe dan pengolahan limbah ternak, kepada juangnews.com Rifqi mengatakan kegiatan tersebut bertujuan memberikan edukasi tentang literasi keuangan rumah tangga dan paling dekat dengan kondisi masyarakat setempat.

“Ya karena kita coba pahami yang masyarakat butuhkan sekaligus melatih ibu-ibu rumah tangga dalam memberdayakan ekonomi keluarga, yang kita pahami sebagai bagian dari literasi keuangan, begitu pula dengan limbah ternak yang memungkinkan diolah untuk menyuburkan lahan pertanian milik masyarakat,” papar founder muda yang masih berusia 25 tahun tersebut.

Hal senada turut disampaikan oleh Iwan, Ketua TBM Balai Baca yang mengatakan bahwa, kegiatan tersebut adalah untuk memberikan peningkatan pengetahuan dan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat.

“Kita lihat peserta kegiatan antusias, pematerinya juga bersemangat. Hingga kita berharap selain sebagai pengetahuan baru, diharapkan pelatihan ini menjadi pemicu semangat masyarakat untuk meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga,” kata Iwan. [Hamdani]

Publisher: Hamdani