Atasi Penyebaran Covid-19, Mahasiswa KKN-BK Unimal Ajari Cara Cuci Tangan

Bireuen – Mencermati kondisi penyebaran virus corona (Covid-19) yang masih sangat tinggi, bahkan Kabupaten Bireuen telah ditetapkan sebagai zona merah, mahasiswa yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Balik Kampung (KKN-BK) Universitas Malikussaleh (Unimal) kelompok 019 mengajari cara cuci tangan pada masyarakat. Informasi ini disampaikan ketua kelompok Mujiburrahman pada media ini Selasa, (27/10/2020).

“Pandemi Covid-19 yang belum berakhir, dan gencar disiarkan saat ini, masih sangat mungkin terjadi penularan virus corona. Persiapan untuk mengantisipasi dan memutus rantai penularan memerlukan pengetahuan tentang cara mencuci tangan yang baik dan benar,” kata Mujib.

Mencermati fenomena tersebut lanjut Mujib, mahasiswa KKN-BK kelompok 019 Unimal di bawah bimbingan dosen lapangan, Asran,S.T., M.T. melakukan program edukasi kepada masyarakat mengenai cara mencuci tangan yang baik dan benar di Gampong Baro, Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen.

“Program tersebut dilatarbelakangi karena ketidaktahuan masyarakat tentang cara mencuci tangan yang baik dan benar,” ungkap Mujib.

Menurut Mujib masyarakat masih mengabaikan imbauan dari Kemeterian Kesehatan dan Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) tentang pentingnya mencuci tangan di tengah pandemi Covid-19.

“Program yang dilakukan oleh mahasiswa yang berasal dari Jurusan Agribisnis kami harap akan memberikan dampak positif kepada masyarakat terutama anak-anak di lokasi KKN. Program yang dikerjakan yaitu sosialisasi cara mencuci tangan yang baik dan benar,” ujar Mujib.

“Selain itu dilakukan simulasi langsung kepada anak-anak yang terdiri atas anak TK, SD, dan SMP dipilih karena anak-anak tersebut belum tahu cara mencuci tangan seperti yang dianjurkan, disebabkan sejak pemerintah menghimbau untuk work from home (WHF) sekolah diliburkan, sehingga anak-anak belum mendapat edukasi cara mencuci tangan dari sekolahnya,” lanjutnya.

Menurut Mujib, kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa, (27/10/2020) oleh mahasiswa KKN-BK tersebut, sangat antusias diikuti oleh masyarakat.

“Hal ini karena edukasi diberikan melalui media poster dan berupa lirik lagu sehingga mudah diingat oleh masyarakat,” pungkas Mujib. [Hamdani]

Publisher: Hamdani