Amrizal J Prang : Mahasiswa Hari Ini Salah Kaprah

Bireuen – Dr. Amrizal J. Prang, SH.,LLM dosen Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh (Unimal), Aceh Utara yang menjadi salah seorang pemateri dalam Seminar Pendidikan Politik (Dikpol) Islam, yang digelar di Aula Hotel Matang Raya, pada Kamis, (12/1/2016), dalam paparannya mengatakan bahwa mahasiswa hari ini salah kaprah.

Amrizal J Prang yang memaparkan materi tentang Peran Mahasiswa dalam Mengawal Kebijakan Pemerintahan Mengatakan mahasiswa hari ini salah kaprah, karena mahasiwa tidak menjalankan fungsinya dengan baik.

“Padahal mahasiswa harus punya peran korektif dan sebagai penerus kesadaran masyarakat luas akan problema yang ada. Padahal dulu peran mahasiswa pada masa konflik di Aceh luar biasa, peran mahasiswa pada saat itu malah seperti dukun. Artinya seseorang yang bisa menyembuhkan segalanya,” kata Amrizal yang juga alumni Unimal ini.

Lanjut Amrizal, peran mahasiswa dalam kontek peran pengawalan pemerintah, yaitu dalam hal keterlibatan mahasiswa dalam proses politik atau pemerintahan sekaligus menjadi jalur sosialisasi politik tertentu berdasarkan sukarela dengan menyadari kerugian dan keuntungannya secara baik.

Seminar sehari yang digagas Gema Aneuk Nanggroe Aceh (GAMNA) dan Angkatan Muda Pejuang Kebaikan (AMPK) dengan tema ‘Membangun politik Bireuen dalam bingkai peradaban Islam dan peran mahasiswa dalam mengawal kebijakan pemerintah’, selain menghadirkan Amrizal J Prang, juga menghadirkan Tgk. H. M. Yusuf A Wahab alias Tu Sop yang merupakan Pimpinan Dayah Babulsalam Al-Aziziyah Jeunib yang juga salah seorang kandidat calon Bupati Bireuen.

Panitia pelaksana Azhari didampingi Nasrullah pada juangnews.com  mengatakan, maksud dan tujuan diadakan acara ini yaitu untuk pencerahan politik buat mahasiswa dan pelajar, kemudian dapat memberikan manfaat buat masyarakat, tentang politik.

Tambah panitia, peserta pada kegiatan tersebut terdiri dari mahasiswa dan pelajar di Kabupaten Bireuen yang berjumlah lebih 400 orang.

Pantauan juangnews.com, selain pemaparan oleh pemateri, juga dilakukan dialog dengan cara tanya jawab pada peserta. Sejumlah peserta terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. [Hamdani]

Publisher : Hamdani