Wow, Limbah Kopi Diubah Jadi Wafer Pakan Ternak - JuangNews

Wow, Limbah Kopi Diubah Jadi Wafer Pakan Ternak

Lhokseumawe – Sejumlah dosen Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) melatih masyarakat di salah satu desa di Aceh Tengah membuat pakan ternak dari limbah kopi. Hal ini diungkapkan Milawarni, S. Si., M. Si yang merupakan ketua Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada juangnews.com Selasa, (26/10/2018).

Menurut Mulawarni, kegiatan PKM pelatihan pembuatan wafer pakan ternak dari limbah kopi ini melibatkan dosen PNL lain, yakni Mohammad Arkardius, M.Si dan Elfiana, S.T.,M.T.

“Kami melaksanakan PKM ini di dua desa di Aceh Tengah, yaitu Desa Tebes Lues, Kecamatan Bies dan Desa Lot Kala, Kecamatan kebayakan,” kata Milawarni.

Alasan mereka memilih desa tersebut karena merupakan penghasil kopi terbesar di Aceh Tengah, “Desa tebes Lues adalah salah satu desa penghasil kopi terbesar di Aceh Tengah, sehingga menghasilkan banyak limbah kopi,” kata Milawarni

Sementara Desa Tebes Lues menurut Milawarni, selain penghasil kopi juga banyak ternak sapi dan kerbau, “sehingga kedua desa ini dapat saling mengisi yaitu penghasil limbah kopi dan pengguna limbahnya,” katanya.

Adapun cara pengolahan wafer pakan ternak menurut Milawarni, limbah kopi dibuat menjadi pakan olahan ternak, kemudian pakan ini dibuat berbentuk wafer sehingga dapat disimpan dan dikemas.

“Pembuatan wafer pakan ternak menggunakan mesin pencacah kulit kopi dan pencetak pakan. Mesin ini dibuat di Laboratorium Teknik Mesin PNL. Adapun pelaksanaan kegiatan PKM tersebut dilakssnsksn pada 15 September 2018 lalu,” pungkasnya.

Menurut beberapa masyakat kepada media ini, pelaksanaan kegiatan ini sangat baik dan berguna karena menurut mereka dapat memberi manfaat yang besar. [Hamdani]

Publisher : Hamdani