Untuk Menghasilkan Biji Kopi Berkualitas Dosen PNL Kembangkan Mobile Pulper dan Huller Multifungsi - JuangNews

Untuk Menghasilkan Biji Kopi Berkualitas Dosen PNL Kembangkan Mobile Pulper dan Huller Multifungsi

Lhokseumawe – Perkembangan produksi kopi yang cukup pesat saat ini perlu didukung dengan kesiapan teknologi dan sarana yang cocok untuk kondisi petani agar mereka mampu menghasilkan biji kopi dengan mutu seperti yang dipersyaratkan oleh Standard Nasional Indonesia (SNI). Hal ini diungkapkan salah seorang dosen Politeknik Negeri Lhokseumawe Indra Mawardi, ST., MT pada media ini Selasa, (30/7/2019).

Menurut dosen Jurusan Teknik Mesin ini, salah satu proses teknologi dalam produksi kopi adalah teknologi pascapanen.

“Pusat Produksi Mesin-mesin TTG Pascapanen Kopi yang merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan skim Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPUPIK) Kemenristekdikti telah memproduksi mesin pengupas kulit buah kopi dengan sistem berjalan, mesin pencuci bijih kopi, mesin pengupas kulit biji kopi sistem berjalan (huller mobile), dan mesin sortasi biji kopi,” terang Indra Mawardi.

Lanjut pria berkacamata ini, tahun ini Pusat Produksi Mesin-mesin TTG Pascapanen Kopi PNL melakukan inovasi dengan memproduksi produk terbaru mesin TTG pascapanen kopi yaitu mobile pulper machine dan huller multi fungsi.

“Kedua mesin mempunyai spesifikasi yang belum ada di pasaran. Konstruksi kedua mesin ini memiliki keunggulan dalam mobilitas proses pengupasan kulit buah kopi, sehingga proses pengupasan menjadi lebih efektif dan efesien,” papar Indra Mawardi.

“Sedangkan mesin huller multi fungsi menggabungkan proses hulling dan sortir dalam satu mesin. Inovasi kedua mesin ini dapat meningkatkan efesiensi dan produktifitas proses pascapanen kopi,” pungkasnya. [Hamdani]

Publisher: Hamdani