Tim PNL Lolos Perdelapan Final Kontes Robot Tingkat Nasional - JuangNews

Tim PNL Lolos Perdelapan Final Kontes Robot Tingkat Nasional

Lhokseumawe – Prestasi gemilang berhasil ditorehkan Tim Polirobocom_01 Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL), mereka berhasil menempati posisi runner up grup E dalam Kontes Robot Indonesia 2018 yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Informasi ini disampaikan Koordinator Tim Polirobocom_01 PNL, Bakhtiar pada juangnews.com Sabtu, (14/7/2018).

Bakhtiar mengatakan tim PNL bergabung dalam grup E bersama RENGGANIS dari Universitas Negeri Surabaya, VEAMUS dari Universitas Indonesia, Polirobocom_01 pada pertandingan putaran pertama dikalahkan oleh RENGGANIS dengan skor 5-0, tetapi pada pertandingan kedua Tim Polirobocom_01 PNL berhasil mengalahkan tim kuat VEAMUS dari Universitas Indonesia dengan skor 24-14.

“Dengan hasil ini, tim Polirobocom_01 masuk babak perdelapan final yang akan dilangsungkan pada 13 Juli 2018,” kata Bakhtiar.

Tambah Bakhtiar, Polirobocom_01 PNL merupakan salah satu dari 24 tim robot pintar dari berbagi perguruan tinggi Indonesia yang ikut serta bertanding pada Kompetesi Robot Abu Indonesia (KRAI), Kontes Robot Indonesia (KRI) 2018 tingkat nasional. Para peserta mulai bertanding pada Kamis,(12/7/2018) hingga Jumat, (13/7/2018) di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

“Dua puluh tiga tim robot pintar lainnya merupakan perwakilan terbaik dari masing-masing perguruan tinggi yang sebelumnya sudah dipertandingkan ditingkat regional. Polirobocom_01 merupakan tim yang lolos mewakili regional I Sumatera yang dipertandingkan di UNRI Pekanbaru, Riau pada 24-26 April 2018 lalu,” jelas Bakhtiar.

Menurut Bakhtiar, tim Polirobocom_01 beranggotakan mahasiswa Jurusan Teknik Elektro dengan ketua Fadhil, dan anggota Muammar serta Khairul Yasir, dan dibantu oleh seorang mekanik yaitu Muhammad Shafwan Ahmadiy dengan didampingi oleh tiga dosen pembimbing Bakhtiar, Salahuddin, dan Fadhli.

“Keikutsertaan kali ini merupakan tahun yang ketiga dalam kontes Robot yang diselenggarakan oleh Ditjen Belmawa Dikti Kemenristek,” terang Bakhtiar.

Bakhtiar juga berharap tim dapat mempersembahkan hasil yang terbaik di tingkat nasional dan dapat bersaing dengan tim lainnya yang berasal dari perguruan tinggi dengan reputasi yang terkenal dalam prestasi robotika seperti ITS, PENS ataupun UGM.

“Terimakasih kepada pimpinan PNL yang telah memberikan dukungan dan perhatian yang besar kepada tim Polirobocom_01 sehingga dapat mengikuti kontes robot sampai ke tingkat nasional,” pungkas Bakhtiar. [Hamdani]

Publisher : Hamdani