Tahun Depan, FEB Unimal Tuan Rumah Kegiatan Internasional Miicema ke-20 - JuangNews

Tahun Depan, FEB Unimal Tuan Rumah Kegiatan Internasional Miicema ke-20

Lhokseumawe – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh (FEB Unimal) ditunjuk sebagai Tuan Rumah Malaysia Indonesia Internasional Cooperation Economics, Management and Accounting (Miicema) ke-20 tahun 2019 mendatang. Informasi ini disampaikan Dekan FEB Unimal, Wahyuddin Albra, SE.,M. Si.Ak pada juangnews.com Kamis, (15/12/2018).

Menurut pengakuan Wahyuddin, kepastian dipilihnya FEB Unimal ini setelah president Miicema yang juga Dekan Fakultas Ekonomi dan Pengurusan University Kebangsaan Malaysia (UKM) Prof. Dr. Nourman Muhamad Saleh menyampaikan kepastian tersebut pada dirinya. “Miicema adalah sebuah kumpulan dekan-dekan fakultas ekonomi di Indonesia dan Malasyia.” Katanya.

“Kita akan mempersiapkan diri sebagai tuan rumah yang akan menerima tamu-tamu para peneliti bidang ekonomi dan bisnis dari seluruh dunia tahun depan di Aceh,” jelas Wahyuddin.

Menurut Wahyuddin, konferensi yang sudah dilaksanakan 20 kali itu dan sangat bergengsi bagi semua dosen dan penliti yang bisa diterima papernya untuk dipresentaaikan dalam seminar ini.

Lanjut Wahyuddin tahun ini kegiatan rapat dekan tahunan para anggota Miicema dilaksanakan di Aula Canseleri UKM di Bagi Selangor, Malaysia. Kegiatan yang dilaksanakan Kamis, 13 Desember 2018 itu menyepakati beberapa program kerja bersama di antara para anggota, diantaranya kerjasama joint research atau riset kolaborasi antar dosen sesama anggota Miicema, tukar menukar pelajar, pemanfaatn SDM dosen untuk kebutuhan pembelajaran dan kegiatan-kegiatan lain seperti tukar menukar dosen untuk menjadi penguji ataupun pembimbing, baik ditingkat mahasiswa program master maupun mahasiswa doktoral.

“Tahun depan juga akan diadakan kegiatan magang bersama mahasiswa tingkat internasional memanfaatkan program summer semester di antara libur semester di Indonesia,” papar Wahyuddin.

Wahuddin menambahkan, penandatanganan MoU antara dekan FEB Unimal dan Dekan FEP UKM turut dihadiri Rektor Unimal Prof. Apridar, SE,. M.Si, menurut Wahyuddin, dalam kesempatan tersebut juga didiskusikan rencana pembinaan jurnal-jurnal yang ada di Unimal menuju bereputasi internasional karena mengingat di FEP UKM saat ini terdapat dua jurnal terindeks scopus dan jurnal yang telah terindeks WOS.

“Rektor Unimal berharap kerjasama ini akan dapat mempercepat proses internasionalisasi jurnal-jurnal di Unimal,” pungkas Wahyuddin. [Hamdani]

Publisher : Hamdani