RELASI KIP Pijay Semangat Gelar Sosialisasi Kepemiluan - JuangNews

RELASI KIP Pijay Semangat Gelar Sosialisasi Kepemiluan

Pidie Jaya – Relawan Demokrasi (Relasi) Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie Jaya (Pijay) ditugaskan untuk memberikan informasi/sosialisasi kepada masyarakat meliputi: Pentingnya demokrasi, Pemilu dan Partisipasi Masyarakat, tanggal, hari dan jam pemungutan suara, tata cara pemberian suara dalam Pemilu serentak, Pengenalan Peserta Pemilu (Pasangan Capres Cawapres, Partai Politik dan DPD). dan hal-hal lain yang dianggap sesuai dengan kebutuhan sasaran atau basis pemilih. Hal ini diungkapkan Tgk. Syahrul, S.Pd.I yang merupakan salah seorang Relasi KIP Pijay pada media ini Minggu, (24/2/2019).

Kata Syahrul yang akrab disapa dengan Teungku, dirinya tidak pernah melewatkan setiap kesempatan untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat yang ada dalam wilayah Kabupaten Pijay.

“Setiap ada momen keagamaan baik itu pengajian rutin yang dilaksanakan di mesjid, meunasah-meunasah serta pesantren, saya selalu meminta sedikit waktu agar diberikan kesempatan berbicara untuk bersosialisasi,” tutur Syahrul.

Sosok muda yang bersahaja ini berlatar belakang pendidikan keagamaan dayah, ia sering melakukan sosialisasi baik di segmen pemilih keagamaan, pemilih pemula serta pemilih perempuan. Hal ini untuk mengajak masyarakat lebih sadar untuk mengunakan hak pilihnya pada 17 April 2019 nanti.

“Motivasi saya bergabung dengan Relawan Demokrasi berbabis keagamaan KIP Pidie Jaya, selain untuk menambah wawasan pribadi juga untuk berbagi ilmu tentang kepemiluan kepada masyarakat, karena saya sadar bahwa setiap warga negara punya kewajiban untuk ikut berpartisipasi aktif dalam menyukseskan pemilu serentak 2019 ini,” ujar mantan Panwascam Pilkada Kecamatan Trienggadeng ini.

Sekedar informasi, Relawan Demokrasi ini merupakan perpanjangan tangan KPU RI di daerah untuk menyampaikan berbagai informasi tentang kepemiluan dengan mendatangi komunitas-komunitas keagamaan, pemilih pemula dan perempuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang apa yang telah dijalankan oleh KPU, serta menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi.

Tujuan dari relawan demokrasi yang berbasis keagaaman ini menggelar sosialisasi untuk melawan golput di Pidie Jaya dan pentingnya hak suara masyarakat dalam memilih pemimpin di masa yang akan datang. “Pemilih Berdaulat Negara Kuat”. [Teuku Saifullah]

Publisher: Hamdani