Rektor Almuslim Terima Dua Mahasiswa Umuslim Asal Jepang - JuangNews

Rektor Almuslim Terima Dua Mahasiswa Umuslim Asal Jepang

Bireuen – Dua orang mahasiswa Universitas Almuslim  (Umuslim) yang berasal dari Jepang, Natsuko dan Sukagawa yang berasal dari Nagoya Gakuin University, yang akan kuliah di Umuslim selama satu tahun atau dua semester diterima Rektor Umuslim Dr. H. Amiruddin Idris, SE., M. Si dan jajarannya di ruang rapat kampus Ampon Chiek Peusangan Sabtu, (3/9/2016).

Dalam keterangannya Amiruddin Idris mengatakan, dua mahasiswa asal Jepang ini akan kuliah di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol), Program Studi Hubungan Internasional. Tetapi dalam prosesnya mereka bisa juga akan belajar di fakultas-fakultas lain yang ada di lingkungan Umuslim termasuk di Institut Agama Islam (IAI) Umuslim, sesuai dengan kebutuhan mereka.

“Mereka akan kuliah di lintas fakultas yang ada di Umuslim dan IAI Umuslim sesuai kebutuhan mereka, mudah-mudahan ada manfaatnya, ada transfer ilmu yang biasa mereka bawa,” kata Amiruddin Idris.

Lanjut Amiruddin Idris, kehadiran dua mahasiswa asing asal Jepang ini adalah bentuk kepercayaan Ristekdikti pada Umuslim dalam rangka menuju kampus internasional.

“Umuslim mendapat kepercayaan besar, menerima mahasiswa asing. Pada Program Studi Hubungan Internasional. Ini merupakan tonggak awal berkembangnya kampus Umuslim menjadi kampus internasional,” ungkap Amiruddin Idris.

Menurut Amiruddin Idris ini adalah Implementasi kerjasama yang telah dirintis antara Umuslim dengan Nagoya Gakuin University beberapa waktu lalu.

“Ini adalah implementasi kerjasama dengan mereka, mereka juga menerima dua mahasiswa Umuslim diterima di sana untuk kuliah. Sama seperti kita. Harapan saya mereka akan paham dengan pembelajaran di sini, demikian juga mahasiswa kita di sana,” pungkas Amiruddin Idris.

Dalam keterangannya pada juangnews.com melalui juru bicaranya, kedua mahasiswa asal Jepang ini mengaku tertarik kuliah di Umuslim karena ingin mengetahui lebih dalam tentang budaya Aceh.

“Mereka adalah mahasiswa fakultas budaya di Nagoya Gakuin University. Penerimaan mereka sesuai prosedur. Sesuai dengan ketentuan,” jelas juru bicara yang mengaku juga bernama Natsuko ini.

Selanjutnya Sakugawa dengan bahasa Indonesia terpatah-patah, mengaku sangat senang bisa belajar di Umuslim. Seraya berjanji akan belajar dengan keras.

“Kami senang sekali dapat belajar di Umuslim. Kami berjanji akan belajar dengan keras,” kata Sakugawa. [Hamdani]

Publisher : Hamdani